Sports

Selain Whey Protein, Ini 3 Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Selain Whey Protein, Ini 3 Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Jika Anda rajin berolahraga, Anda pasti sering melihat orang membawa botol yang dikocok. Minuman protein whey sering menjadi andalan bagi binaragawan yang ingin meningkatkan massa otot. Selain itu, minuman setelah berolahraga juga dapat membantu memperbaiki otot.

Sayangnya, sebagian orang kurang begitu menyukai minuman jenis ini. Harganya yang mahal juga kerap menjadi penghalang bagi banyak orang yang tidak terlalu suka membelinya. Jika Anda salah satu dari orang-orang itu, ada baiknya mencari alternatif.

Minuman setelah latihan harus mengandung protein, karbohidrat, dan natrium. Semua nutrisi ini baik untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak. Berikut beberapa alternatif minuman pengganti whey protein.

1. Susu coklat juga mengandung protein

Yang terbaik adalah minum susu cokelat di pagi hari sebelum memulai kelas. Susu cokelat jelas bukan minuman yang Anda cari setelah pergi ke gym. Namun, percaya atau tidak, susu coklat mengandung nutrisi yang sama dengan protein whey.

Dalam segelas susu coklat, Anda akan mendapatkan banyak protein, karbohidrat, elektrolit dan cairan yang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali ion yang hilang. Disarankan untuk minum susu coklat setelah berolahraga. Minum susu coklat lagi setelah dua jam untuk mempercepat pemulihan Anda.

Susu coklat mudah didapat. Bahkan, harga yang disarankan lebih murah daripada minuman protein whey bermerek.

2. Garam dengan Natrium Elektrolit

Mungkin terdengar aneh, tapi percayalah, garam dapat membantu Anda mengganti cairan yang hilang dari tubuh Anda. Saat Anda berkeringat, tubuh Anda melepaskan elektrolit. Mineral tubuh berasal dari darah, yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan lain ke seluruh tubuh.

Baca Juga:  Panduan Beli Sepeda Lipat Agar Tidak Salah

Garam mengandung natrium elektrolit yang tinggi, yang dapat membantu Anda pulih dari latihan yang berat. Anda sebenarnya bisa membuat minuman ini di rumah. Pasalnya, bahannya mudah didapat. Kalaupun ingin membelinya, kini sudah tersedia paket siap pakai.

3. Jus Ceri untuk Pemulihan Otot Lebih Cepat

Bahkan, jus ceri dapat mengurangi peradangan otot karena kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jus ceri merupakan buah yang baik untuk pemulihan otot pasca latihan. Beberapa sesi latihan pribadi juga menyarankan minum jus ceri sebelum tidur untuk mempersiapkan otot Anda untuk hari berikutnya. Plus, ceri dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Info Bonus: Minuman Olahraga Elektrolit

Sebenarnya, Anda tidak boleh terlalu sering minum minuman olahraga. Pasalnya, minuman tersebut mengandung banyak gula. Setiap paket minuman olahraga mengandung setidaknya 10-15 blok gula. Namun, selain itu, minuman olahraga mengandung karbohidrat, elektrolit, dan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga:  7 Cara Efektif Diet Tanpa Olahraga

Minuman olahraga benar-benar paling baik dikonsumsi setelah 90 menit penuh bermain sepak bola, berlari maraton, atau bermain tenis hingga batasnya. Jika Anda hanya melakukan olahraga ringan, sebaiknya jangan minum minuman olahraga agar tubuh Anda tidak mengonsumsi gula berlebih. Baca juga: 5 Sarapan Terbaik Sebelum Berolahraga

Sekarang Anda bisa lebih santai saat berolahraga karena Anda sudah tahu apa yang harus diminum setelah berolahraga. Jadi minuman mana yang ingin Anda coba hari ini setelah berolahraga?

Shares
Uhost Web Hosting Murah Premium
Hosting Mulai
9rb
/Bulan
  • Unlimited Bandwidth 2Gbps IIX Link
  • Unlimited Hosting
  • 100% SSD Disk Space
  • .MY.ID 9rb/Tahun
Ambil Promo
Dapatkan Hosting & Domain Mulai dari 9rban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *