Musik

Pelajari Tentang Cara Memainkan Alat Musik Bonang, Jenis, & Fungsinya

Pelajari Tentang Cara Memainkan Alat Musik Bonang, Jenis, & Fungsinya

Bonang adalah alat musik pukul yang menyerupai gong kecil. Bahan utama Bonang terbuat dari perunggu. Namun, ada juga produk yang terbuat dari campuran besi dan logam. Bagian menonjol yang menabuh dan menjadi sumber bunyi bonang dikenal dengan sebutan buih atau penclone. Kelelawar bonang terbuat dari batang kayu berlapis khusus yang disebut bindi.

Bonang terdiri dari seperangkat instrumen yang ditempatkan dalam bingkai kayu. Panci, teko atau peralatan makan biasanya disusun dalam posisi mendatar, menyerupai jam kecil. Teko disusun dalam satu atau dua baris dan memiliki tonjolan tengah, dan tepi memiliki kepala datar dengan nada rendah, dan tinggi dengan tindik.

Bonang, terbuat dari besi tempa atau kuningan berlapis, adalah bonang ekonomis yang biasa ditemukan di desa-desa gamelan, gamelan Surinamegaya dan banyak gamelan Amerika. Tergantung pada lokasinya, bahan bonang terdiri dari bagian-bagian berikut: “penclone” dan “anchak bonang”.

Penclon Bonang – Bonang sumber suara yang terbuat dari perunggu atau besi. Selain itu, ada Achanak Bonang, yaitu sebuah rumah yang dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi rumah kloning Bonang yang layak. Klon Bonang akan diposting di utas.

Daftar Isi

Baca Juga:  5 Cara Memainkan Pada Alat Musik Seruling

Jenis Alat Musik Bonang

KUALA LUMPUR, MALAYSIA 12 JULY 2017: Group of Malaysian performing Gamelan Orchestra on hotel stage.Gamelan is traditional malay music instrument.

Alat musik bonang yang paling populer dalam gamelan Jawa terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda. Setiap jenis berbeda dalam fungsi dan nada. Berikut tiga jenis alat musik bonang populer yang bisa Anda temukan.

1. Bonang Paneras

Jenis alat musik bonang yang memiliki nada lebih tinggi dari jenis bonang lainnya dan menggunakan teko terkecil. Alat musik bonang paneras mencakup nada hingga dua oktaf dalam satu alat musik. Dengan nada ini, bonang paneras biasanya tidak digunakan dalam lagu yang diarahkan. Biasanya bonang paneras digunakan dengan bonang barang dalam lagu-lagu yang saling berhubungan.

Baca Juga:  Mengenal Alat Musik Sasando Khas Pulau Rote

2. Bonang Burung

Berbeda dengan Bonang Paneras, Bonang Barang berukuran oktaf sedang hingga tinggi. Dalam ansambel, peran Bonang Barung biasanya membuka lagu dengan mengarahkannya. Bonang barang juga dapat memprediksi nada yang akan datang, seperti chorus sebuah lagu. Fungsi Bonang Barang juga digunakan sebagai pembuka dan pemandu dalam membuka alat vital.

3. Bonang Panembung

Akan sangat mudah untuk membedakan jenis bonang terbesar ini dari jenis Panerus dan bonang barang. Saat memainkan bonang, panambang juga memiliki nada oktaf paling rendah dibandingkan dengan jenis alat musik bonang lainnya.

Fungsi Alat Musik Bonang

YOGYAKARTA, INDONESIA – AUGUST 4th, 2016: Orchestra of some male Indonesian ethnic musicians dressed in traditional Javanese costume playing Gamelan instruments at Festival Kesenian Yogyakarta (Yogyakarta Art Festival).

Secara umum, Bonang lebih banyak diasosiasikan dengan permainan musik tradisional di Indonesia. Anda pasti sudah sering melihat alat musik ini di berbagai acara adat atau kenegaraan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang fungsi alat musik Bonang yang sering digunakan sebagai pengiring, di antaranya sebagai berikut.

– Bagian gamelan dalam seni pertunjukan seperti Wayang Kulit, Wayang Golek atau Weiyang Orang.

– Bermain dengan gamelan untuk membumbui parade atau kompetisi

– Disertai dengan upacara kenegaraan yang sakral (sebelumnya bonang juga digunakan sebagai pengiring mardaga saat perang)

Baca Juga:  5 Cara Memainkan Pada Alat Musik Seruling

– Ikut serta dalam ritual adat seperti tujuh bulan dan khitanan

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Malaysian traditional music instrument called Gamelan with beautiful wood carving frame. selective focus shot

Sebagai instrumen gamelan, bonang biasanya dimainkan dengan instrumen gamelan lainnya. Namun, fungsi dari alat musik ini saling melengkapi, menciptakan nada musik yang indah saat dimainkan bersama. Untuk mempelajari cara memainkan alat musik Bonang, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan saat berlatih.

1. Buat pemukul atau drummer dari kayu yang dibungkus kain dan benang.

2. Pegang palu di tangan kiri dan kanan Anda.

3. Tekan bagian tengah Penclone Bonang untuk menghasilkan suara yang benar.

4. Bonang Bonang dapat dimainkan dengan menekan dua nada lonceng secara bersamaan.

5. Gunakan teknik mipil, yaitu mengetik not satu per satu pada penclone Bonang.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal fungsi dan jenis alat musik bonang. Jika Anda melihatnya dalam pertunjukan tradisional, Anda dapat membedakannya dari alat musik tradisional lainnya. Untuk menjaga budaya tradisional, jangan ragu untuk memainkannya, keren!

Shares
Uhost Web Hosting Murah Premium
Hosting Mulai
9rb
/Bulan
  • Unlimited Bandwidth 2Gbps IIX Link
  • Unlimited Hosting
  • 100% SSD Disk Space
  • .MY.ID 9rb/Tahun
Ambil Promo
Dapatkan Hosting & Domain Mulai dari 9rban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *