Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum Lewat hp Android

Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum Lewat hp Android

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, seperti cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum kini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang bisa dipasang pada perangkat Android atau iOS.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, PLN menyediakan fasilitas cek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile berbasis Android yang bisa diunduh di Play Store. Selain itu, cek tagihan listrik PLN bisa juga lewat sms, telepon atau mengunjungi website PLN.

Hal ini tentunya sangat membantu masyarakat, karena hasilnya bisa langsung diketahui secara kilat tanpa menunggu lama, seperti jumlah penggunaan daya listrik dan besaran biaya yang harus dikeluarkan, sehingga bisa menghindari dari denda atau tunggakan pembayaran.

Kemudahan cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum lewat online melalui aplikasi PLN Mobile membuat pelanggan tidak perlu repot menghubungi call center, sehingga lebih efisien. Bahkan pada aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai fitur pendukung lengkap.

Aplikasi PLN Mobile dilengkapi berbagai fitur yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti fitur cek tagihan, fitur pembayaran, hingga fitur pengaduan pelanggan untuk menyampaikan keluhannya. Selain itu, pelanggan dapat melakukan simulasi pemasangan listrik.

Aplikasi PLN Mobile dirancang untuk memadukan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) yang saling terintegrasi, sehingga semua informasi tagihan listrik dan keluhan pelanggan dilakukan pada satu aplikasi.

Maka dari itu, cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum bisa melalui aplikasi PLN Mobile yang diakses secara online. Meskipun masih ada cara lama yang tidak kalah cepat menampilkan hasilnya, seperti melalui layanan SMS dan telepon.

Baca juga : Cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Ada 4 cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum yang bisa pelanggan akses melalui hp, sehingga memberikan kemudahan bagi anda dan pengguna lainnya untuk mengetahui besaran jumlah tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

1. Cek Tagihan Listrik Lewat PLN Mobile

Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum Lewat hp Android

Kehadiran teknologi mempermudah cek tagihan listrik hanya dengan memasang aplikasi PLN Mobile di hp kamu, segala bentuk informasi pembayaran dapat terlihat secara lengkap pada aplikasi tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Download aplikasi PLN Mobile di Play Store
  2. Setelah aplikasi terpasang di hp kamu, buka aplikasi tersebut. Kemudian login bisa dengan nomor hp atau email
  3. Selanjutnya masukan kode OTP yang dikirim ke nomor hp kamu
  4. Pada halaman Lengkapi data, silahkan isi nama lengkap kamu dan email aktif yang masih digunakan
  5. Pada halaman utama, klik ikon “Token & Tagihan”
  6. Kemudian masukan nomor ID pelanggan PLN, klik Periksa
  7. Maka akan muncul Daftar Tagihan, klik Pilih Tagihan
  8. Kamu bisa melihat detail tagihan listrik, mulai dari transaksi, nama, nomor transaksi dan total pembayaran
  9. Jika ingin melakukan pembayaran, klik Lanjutkan Pembayaran
  10. Pilih metode pembayaran, bisa melalui virtual account, kartu kredit debit instan, dan dompet digital

 

2. Cek Tagihan Listrik Lewat Website PLN

Apabila kamu belum download dan install aplikasi PLN Mobile, maka cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum bisa dengan mengunjungi halaman website PLN. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan cek tagihan melalui aplikasi. Berikut caranya:

  1. Buka website PLN di https://web.pln.co.id/
  2. Setelah halaman website terbuka, klik menu ikon tiga garis di pojok kiri atas, kemudian pilih Pelanggan
  3. Selanjutnya klik pada tab pilihan, kamu pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik
  4. Kemudian login masukan email dan password yang sudah dibuat sebelumnya
  5. Setelah itu, klik Tagihan Listrik
  6. Masukkan nomor ID pelanggan PLN di kota yang telah tersedia
  7. Kemudian pilih menu Setuju
  8. Terakhir tinggal tunggu pemberitahuan yang menampilan tagihan listrik dan status pembayaran

3. Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Salah satu cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum paling mudah dan tidak membutuhkan koneksi internet melalui SMS, terdapat dua pilihan, yaitu cek tagihan untuk satu bulan, dan cek tagihan berlangganan setiap bulan. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Cek Tagihan Listrik per Bulan, caranya ketik sms dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123
  2. Cek Tagihan Listrik Berlangganan Setiap Bulan, caranya ketik sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan, lalu kirim ke 8132
  3. Cara berhenti berlangganan informasi setiap bulan, ketik sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID Pelanggan, lalu kirim ke 8132

Sebagai catatan, cek tagihan listrik PLN melalui layanan sms dikenakan biaya sebesar Rp 500 per sms (belum termasuk PPN 10%), sehingga perlu mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum kirim sms.

4. Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum Lewat hp Android

Cara lainnya yang bisa digunakan pelanggan untuk mengecek tagihan listrik PLN melalui layanan telepon, dimana caranya sangat mudah tinggal menghubungi customer service PLN dan sampaikan maksud dan tujuannya perihal tagihan listrik.

Baca juga : Cara masuk FYP Tiktok

Pelanggan bisa menghubungi call center PLN tersebut di 123, pastikan mencantumkan kode areanya, misalkan Jakarta maka teleponnya ke (021)-123. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diarahkan oleh operator. Cara ini bisa dilakukan kapanpun karena melayani selama 24 jam.

Untuk biaya cek tagihan listrik melalui telepon ini dikenakan tarif normal, sehingga pastikan pulsa anda mencukupi untuk melakukan panggilan telepon ketika ingin cek tagihan listrik PLN.

Keuntungan Cek Tagihan Listrik Online

Membayar tagihan listrik setiap bulan sudah menjadi rutinitas, ketika jatuh tempo pembayaran bisa terkena denda atau pemutusan aliran listrik. Maka dari itu, perlu melakukan cek tagihan listrik secara rutin bisa secara online untuk menghindari tunggakan pembayaran.

Keuntungan cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum melalui online di aplikasi PLN Mobile adalah informasi tagihan listrik dapat dilihat langsung tanpa harus menunggu lama, informasi tagihan ditampilkan detail, serta bisa melihat besaran biaya tagihan listrik.

Selain itu, pada aplikasi PLN Mobile sudah tersedia fasilitas bagi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran, terdapat berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari melalui virtual account perbankan, kredit debit instan, dan dompet digital.

Dengan demikian, pelanggan bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum kapan saja dan dimana saja, termasuk melakukan pembayaran tagihan listrik sehingga tidak perlu antri atau keluar rumah, cukup akses aplikasi PLN Mobile praktis dan efisien.

Kesimpulan

Kehadiran teknologi digital memberikan kemudahan masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti bayar tagihan listrik setiap bulan. Kini pelanggan tidak perlu repot, karena sudah tersedia layanan untuk memfasilitasi pembayaran atau cek tagihan secara online.

Kemudahan inilah yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat, hingga bisa menjadi suatu kebiasaan baru dengan adanya digital sebagai wadah dalam membantu melayani berbagai kebutuhan masyarakat, sehingga keberadaan digital semakin besar manfaatnya.

Demikian pembahasan ganteng.co.id tentang sistem pelayanan digital yang dapat membantu masyarakat untuk mengecek tagihan listrik secara online dengan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile, via sms, telepon atau website PLN. Semoga bermanfaat dan nantikan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *