Spesifikasi Samsung A51 dan Cara Screenshot Samsung A51

Cara Screenshot Samsung A51

Setiap smartphone pasti memiliki kemampuan untuk menangkap layar atau screenshot, namun caranya tentu berbeda-beda. Bagi para pengguna Samsung A51, anda perlu mengetahui cara screenshot Samsung A51. Pasalnya saat ini banyak perusahaan teknologi berinovasi dalam menciptakan teknologi yang canggih, sehingga dalam melakukan screenshot setiap HP berbeda-beda, mengingat spesifikasi dan fiturnya pun tidak sama.

Samsung galaxy A51 termasuk smartphone baru dari Samsung yang dirilis tahun 2020. Smartphone ini menjadi ponsel kelas menengah Galaxy A perdana dan di tahun 2021 Samsung galaxy A51 masih menjadi incaran bagi pengguna smartphone. HP ini digemari siapa saja dari berbagai kalangan mulai dari anak remaja, dewasa hingga orang tua untuk memenuhi kebutuhan. Harganya yang terjangkau dengan berbagai fitur yang lengkap dan menarik membuat HP ini disukai banyak orang.

Spesifikasi Samsung A51

Sebelum mengetahui cara screenshot Samsung A51, alangkah baiknya jika anda mengetahui spesifikasi HP ini beserta kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mengetahui fitur-fitur dan menu yang tersedia di HP Samsung A51.

Spesifikasi Samsung A51 ini terbilang bagus, lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan harian. Mengingat smartphone Samsung A series ini menjadi salah satu keunggulan beragam dari yang low hingga high end.

Samsung A51 ini juga menjadi ponsel cerdas Android terpopuler dan terlaris nomor 1 di dunia berdasarkan strategi analisis via samsung.com. Untuk tampilan desainnya sendiri terlihat modern dan mewah, menggunakan layar bezel less atau tepi besi yang tipis sehingga layar terlihat lebih besar dan compact di tangan, Makanya tak heran jika hp ini digemari banyak anak muda.

HP ini memiliki layar super AMOLED 6,5 dengan corning gorilla glass 3. Dari segi kamera juga sangat baik dan cocok bagi Anda yang suka fotografi, di mana HP ini memiliki 4 lensa kamera berkualitas tinggi dengan besar 48mp yang membuat gambar terlihat lebih cerah dan jelas. Dengan Samsung A51 Anda juga dapat mengambil gambar close-up serta sudut ultra lebar.

Untuk spesifikasi kamera belakang yaitu Quad camera 48 MP + 12 MP ultrawide + 5 MP macro + 5 MP depth untuk mengambil gambar lebih optimal. Sedangkan spesifikasi kamera depan yaitu 32 MP, jadi anda bisa berselfie ria dengan kamera yang cerah.

Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri, Samsung Galaxy a51 memiliki RAM sebesar 6 GB, dengan kapasitas storage 128 GB sampai 512 GB. Tentu ini sudah cukup besar bukan? ditambah Anda juga bisa menggunakan kartu micro SD untuk menyimpan media lain seperti foto, musik, video dan lainnya, jadi tidak perlu khawatir kehabisan memori.

Untuk kapasitas baterai Samsung Galaxy a51 cukup besar yaitu 4000 mAh dengan fitur fast charging 15w. HP ini juga memiliki fitur Samsung Knox yang membuat semua data pribadi anda tetap aman di dalamnya, serta fitur pelengkap lainnya yaitu USB type c, audio Jack, NFC, in display fingerprint.

Sangat banyak bukan fitur-fiturnya? Lalu bagaimana dengan cara screenshot Samsung A51?

Cara Screenshot Samsung A51

Apakah pembaca ganteng.co.id selama ini merasa kesulitan untuk melakukan cara screenshot Samsung A51? Tahukah Anda, pasalnya ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menangkap layar HP Samsung Galaxy A51. Fitur screenshot ini dapat memudahkan anda untuk mengambil gambar yang ditampilkan di layar sesuai ukuran yang diinginkan, bahkan Anda juga bisa melakukan long screenshot.

Beberapa cara screenshot Samsung Galaxy a51 yang bisa Anda lakukan mulai dari menggunakan tombol fisik, Palm Swipe to Capture, menu aksesibilitas dan lainnya. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa cara screenshot Samsung A51, di antaranya yaitu

  1. Screenshot Samsung A51 dengan Tombol 2 Jari

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menangkap layar Samsung a51 yaitu dengan memanfaatkan tombol power dan volume bawah. Ini bisa dilakukan dengan dua jari dan teknik ketepatan dalam menangkap layar.

Langkah-langkahnya, Anda bisa memilih area yang ingin di screenshot terlebih dahulu, lalu tekan dan tahan tombol power + volume bawah selama 1 hingga 2 detik.

Penangkapan layar akan berhasil jika layar HP anda berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter. Jika ingin melihat hasilnya Anda bisa langsung membuka galeri di bagian screenshot. Selesai. Mudah bukan?

Meskipun cara ini dinilai praktis dan simpel, namun jika sering dilakukan maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan dini pada tombol power dan volume. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mencoba screenshot dengan alternatif lainnya tanpa menggunakan tombol.

  1. Screenshot Samsung Galaxy A51 Tanpa Tombol

Samsung Galaxy a51 tidak jauh berbeda dengan smartphone Android pada umumnya, di mana HP ini menggunakan OS Android 10 serta 11 dengan antarmuka oneUI yang memiliki fitur screenshot tanpa menggunakan tombol ataupun menginstal aplikasi tambahan.

Ada dua cara screenshot tanpa tombol, yaitu dengan fitur usap layar palm swipe serta pintasan menu asistant. Namun sebelum menggunakan fitur ini, anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu dalam menu pengaturan. Berikut cara mengaktifkan serta cara pemakaiannya di antaranya yaitu:

Dengan Fitur Usap Layar Palm Swipe

Berikut ini merupakan langkah-langkah screenshot Samsung Galaxy A51 dengan fitur usap layar palm swipe, yaitu:

  1. Aktifkan mode palm swipe dengan membuka menu settings, lalu klik advanced features, klik motion and gesture, lalu klik aktifkan “Palm swipe to capture”.
  2. Selanjutnya, Anda dapat memilih bagian atau area yang akan di-capture.
  3. Luruskan tangan anda, lalu usap layar dari arah kanan ke kiri untuk mencari menu screenshot Samsung Galaxy a51.
  4. Setelah itu, Anda bisa langsung meng-capture layar Samsung dengan mudah. Ketika proses screenshot berhasil, maka akan keluarkan bunyi shutter dan layar berkedip. Untuk melihat hasil tangkapan layar anda bisa langsung membuka galeri di bagian screenshot.

Kelebihan melakukan cara screenshot Samsung A51 dengan cara ini yaitu tidak merusak tombol power dan volume, namun kekurangan yaitu sulit mengambil tangkapan layar ketika tangan sedang basah atau berkeringat.

Screenshot dengan Pintasan Menu Asisten

Adapun cara screenshot Samsung a51 dengan pintasan menu asisten, yaitu:

  1. Anda perlu mengaktifkan screenshot pintasan menu asisten terlebih dahulu dengan masuk ke pengaturan lalu klik aksebilitas, klik interaksi dan kecepatan lalu aktifkan menu asisten
  2. Setelah fitur ini diaktifkan, maka akan ada icon kecil transparan yang ada di sebelah kanan layar HP anda
  3. Lalu Anda bisa mencari bagian yang ingin di screenshot, setelah itu ketuk icon menu asisten dan pilih menu gambar layar untuk screenshot Samsung galaxy a51 dengan menu asisten.

Sebagai informasi tambahan dalam menu asisten ini anda akan menemukan berbagai fitur lainnya seperti mematikan layar, rotasi, atur suara, atur kecerahan layar dan lainnya. Selain itu Anda juga dapat mengatur, menambah ataupun menghapus menu lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai Samsung galaxy A51 beserta cara screenshot Samsung A51 dengan mudah. Dengan begitu, anda tidak lagi kesulitan untuk screenshot HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.