Cara Merubah Format Tanggal di Excel Lengkap untuk Pemula

Cara Merubah Format Tanggal di Excel

Pada umumnya dalam penulisan format tanggal di Excel mengacu pada format bahasa inggris, ada beberapa cara merubah format tanggal di Excel agar sesuai dengan format yang biasa digunakan di Indonesia sehingga lebih mudah dipahami. Bagaimana caranya?

Penulisan tanggal pada Microsoft Excel menggunakan format penulisan tanggal default Excel, yang mana urutan penulisannya dimulai dari bulan, kemudian tanggal dan tahun. Contohnya 7/27/21. Bagi yang belum terbiasa membacanya mungkin akan bingung.

Baca juga : Tutotorial masuk FYP Tiktok

Untuk format tanggal di Indonesia sendiri menggunakan urutan tanggal terlebih dahulu, kemudian bulan dan tahun. Contohnya 27/7/21. Namun meskipun menuliskan tanggal terlebih dahulu, pada Excel tetap akan menampilan urutan bulan tetap berada diawal.

Maka dari itu, terdapat cara merubah format tanggal di Excel sesuai dengan format yang biasa digunakan di Indonesia, caranya mudah dan bisa dipahami oleh pemula yang baru belajar Microsoft Excel, dimana anda hanya perlu memilih format yang disesuaikan.

Seperti diketahui, Microsoft Excel memiliki banyak fitur yang dapat membantu pekerjaan sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu fitur tersebut dapat merubah format tanggal yang diinginkan, menampilkan posisi urutan tanggal yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara merubah format tanggal di Excel hanya perlu memilih format sesuai dengan keinginan pada fitur Format Cells, yang kemudian pilih format yang berada di tab Number. Untuk formatnya sendiri ada yang dalam bentuk pendek, panjang atau tidak menampilkan unitnya.

Penasaran, bagaimana cara mengganti format tanggal di Excel? Dibawah ini akan dijelaskan cara merubah format tanggal pada Excel agar sesuai dengan keinginan atau tuntutan dari tugas pekerjaan yang harus menampilkan format tanggal yang biasa digunakan di Indonesia.

Cara Merubah Format Tanggal Pada Excel

Ketika anda mengetikan angka tanggal, bulan dan tahun maka format yang akan ditampilkan secara default posisi bulan berada diawal, seperti 27/7/21. Format tersebut mengikuti bahasa yang digunakan biasanya bahasa inggris. Bagaimana cara merubahnya?

Baca juga : Cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung

Cara merubah format tanggal di Excel sangat mudah bisa dilakukan oleh pemula, hanya perlu membuka jendela Format Cells yang di dalamnya berisikan kumpulan format tanggal hingga mata uang. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pada kolom cells di lembar kerja Excel, klik kanan pilih Format Cells. Atau tekan tombol kombinasi Ctrl + 1
  2. Muncul jendela Format Cells, pilih Date
  3. Pada bagian Type, pilih format tanggal sesuai keinginan
  4. Jika ingin merubah dalam format bahasa Indonesia, pilih bagian Locale (location), kemudian cari Indonesian
  5. Pilih format tanggal sesuai keinginan, klik OK

Untuk membuktikan hasil perubahannya, anda ketikan angka tanggal di kolom Cells lembar kerja Excel, maka format tanggal akan mengikuti format yang telah dipilih dan diubah sebelumnya. Lantas, apakah format tanggal di Excel bisa di custom? 

Cara Custom Format Tanggal di Excel

Ternyata format tanggal di Excel bisa di custom ketika tidak menemukan format yang sesuai, maka anda bisa membuat format tanggal sendiri. Cara custom format tanggal di Excel dapat dilakukan dengan mudah, simak uraiannya dibawah ini.

Cara merubah format tanggal di Excel dengan fitur custom memungkinkan untuk mengganti format sesuai dengan keinginan, terpenting kode lambang format tanggal dapat terbaca, biasanya kodenya berupa d (tanggal), m (bulan), dan y (tahun).

  1. Klik kanan cells yang akan diubah format tanggalnya, pilih Format Cells atau dengan menekan Ctrl + 1
  2. Muncul jendela Format Cells, pilih tab Number dan klik Custom
  3. Pada kolom Type, anda bisa ketikan format tanggal sesuai keinginan, klik OK
  4. Lihat hasilnya, apakah sudah sesuai. Apabila belum bisa mencoba melakukan custom dengan cara diatas

Mudah bukan? Anda hanya perlu mengerti kode lambang format tanggal, kemudian melakukan custom pada jendela Format Cells. Disana juga tersedia berbagai pilihan format tanggal yang bisa anda pilih, apabila tidak ada yang cocok maka bisa buat format sendiri.

Baca juga : Cara menyambungkan HP ke TV

Cara Merubah Format Tanggal Menampilkan Waktu

Untuk menampilkan data waktu, anda bisa menggunakan cara merubah format tanggal di Excel diatas. Hanya saja, anda perlu memilih format tanggal yang ada data waktunya sehingga pada lembar kerja Excel, format tanggal dengan waktu bisa tampil. Caranya:

  1. Klik kanan cells yang akan diubah format tanggalnya, pilih Format Cells atau dengan menekan Ctrl + 1
  2. Muncul jendela Format Cells, pilih Date
  3. Pada bagian Type, pilih format tanggal dengan data waktu
  4. Atau bisa melalui menu Custom, dengan menambahkan kode h untuk menampilkan data waktu, dan s untuk detik

Format tanggal dengan data waktu nantinya akan tampil pada lembar kerja Excel, formatnya sesuai dengan yang anda pilih. Misalnya 7 Jul 2021 00:00:00, nilai nol ini untuk format waktu h dan s.

Solusi Tidak Bisa Merubah Format Tanggal di Excel

Ketika anda tidak bisa merubah format tanggal pada lembar kerja Excel, ada beberapa penyebab sehingga terjadi kendala saat merubah format tanggal tersebut. Tapi tenang, ada solusi yang bisa kamu terapkan ketika tidak bisa merubah format tanggal.

  1. Ketika format tanggal berupa tipe teks bukan angka, solusinya cek data tanggal yang anda ketikan di kolom cells dengan melihat boks format di tab Home, apabila boks teks berupa Text maka ketik ulang menjadi angka atau date
  2. Ketika salah mengetikan format tanggal pada fitur custom, mika pastikan anda mengetikan format tanggal dengan kode yang benar, seperti d, m, dan y. 
  3. Ketika Excel tidak mengenali format tanggal yang dibuat sebagai tanggal, maka anda bisa merubah semua bentuk penulisan format tanggal dengan kembali ke format tanggal default, sebelum merubah format tanggal custom

Terkait dengan kendala tidak bisa merubah format tanggal, pastikan terlebih dahulu penulisan format sudah sesuai, seperti gunakan number atau angka, bukan gunakan teks karena sistem Excel tidak akan mengenali huruf untuk format tanggal.

Maka dari itu, cara merubah format tanggal di Excel sesuai dengan aturan yang berlaku sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan, karena pada Excel format tanggal ditulis dengan angka atau number, apabila terjadi kendala maka bisa reset ke format tanggal default

Kesimpulan

Ketika membuat suatu dokumen laporan keuangan, biasanya dilengkapi dengan keterangan tanggal. Namun pada saat mengisi tanggal di kolom cells Excel, secara default format tanggal akan menampilkan urutan bulan, tanggal dan tahun.

Nah, anda bisa mengganti format tanggal tersebut dengan cara yang mudah. Cara merubah format tanggal di Excel dilakukan dengan mengakses dialog Format Cells, kemudian anda bisa memilih format yang diinginkan atau melakukan custom format tanggal.

Namun pastikan pada saat mengetikan tanggal di kolom cells Excel berupa angka atau number, ketika memasukan huruf biasanya tidak akan tampil. Hal ini terjadi karena format tanggal berupa kode d, m, y, h, dan s, yang bisa anda pilih di Format Cells.

Demikian pembahasan ganteng terkait dengan format tanggal pada lembar kerja Excel yang bisa diubah sesuai dengan keinginan, semoga bermanfaat dan nantikan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *