Cara Menonaktifkan Notifikasi Chrome Agar Tidak Di Ganggu Iklan

Cara Menonaktifkan Notifikasi Chrome

Cara menonaktifkan notifikasi Chrome merupakan salah satu hal penting yang harus anda ketahui karena kemunculan notifikasi pada peramban atau browser dapat menghambat aktivitas pencarian informasi anda di Google. Pasalnya Google sendiri memberikan pengaturan pada kolom yang dapat digunakan untuk menghilangkan notifikasi.

Sama seperti peramban pada umumnya di mana chrome dapat mengizinkan situs web, aplikasi maupun ekstensi untuk bisa mengirimkan notifikasi.

Secara sekilas memang notifikasi pada Chrome cukup berguna bagi pengguna, di mana Anda bisa mendapatkan update yang lebih cepat, terbaru dan bisa dijadikan pengingat. Meski begitu, ada beberapa orang yang memang tidak suka dengan notifikasi Chrome lantaran dapat mengganggu orang tersebut saat menggunakan chrome. Apalagi jika notifikasi tersebut berasal dari website dan informasinya tidak kita butuhkan

Namun tak perlu khawatir karena anda bisa melakukan cara menonaktifkan notifikasi Chrome, baik di desktop ataupun Android. Untuk pengguna IOS sendiri tidak ada pengaturan notifikasi karena perangkat ini memang tidak ada notifikasi yang muncul.

Masalah yang Memunculkan Iklan dan Pop-up

Sebelum mengetahui cara menonaktifkan notifikasi Chrome, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu masalah yang sering memunculkan iklan dan pop-up pada Chrome.

Dalam beberapa kasus, notifikasi ini bisa langsung muncul setiap Anda memasuki situs web di browser Chrome mengenai situs tersebut untuk kedepannya. Keberadaan iklan tersebut juga bisa menutupi layar website, sehingga mengganggu Anda dalam membaca informasi yang muncul.

Masih banyak yang belum tahu, bahwa kemunculan iklan dan pop-up tersebut ternyata dilatarbelakangi dengan beberapa masalah yang terjadi di Chrome. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Support.google, kemunculan iklan dan pop-up menandakan bahwa terdapat software yang tidak diinginkan atau terinstal dalam komputer.

Adapun beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada iklan dan pop-up adalah:

  1. Terdapat iklan pop Up serta tab baru yang tidak bisa ditutup
  2. Pada halaman beranda Chrome ataupun mesin telusur Google bisa berubah-ubah tanpa izin anda
  3. Proses browsing Anda dibajak yang mengakibatkan proses pencarian diarahkan ke halaman ataupun iklan yang tidak dikenal
  4. Terdapat eksistensi Chrome atau toolbar yang terus mengganggu dan tiba-tiba muncul
  5. Terdapat peringatan pada Chrome Anda mengenai virus maupun perangkat yang terinfeksi

Untuk mencegah hal ini di masa yang akan datang, alangkah baiknya jika Anda menghindari software yang tidak diinginkan dan hanya mendownload hal yang dibutuhkan serta membuka situs yang aman saja. Pastikan tidak mengklik link atau situs sembarangan.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Chrome

Cara Menonaktifkan Notifikasi Chrome

Apakah anda suka terganggu dengan notifikasi chrome? Pasalnya hal tersebut membuat Anda jadi kesulitan mencari informasi di chrome bukan? Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui cara menonaktifkan notifikasi chrome.

Pasalnya ada beberapa cara menonaktifkan notifikasi chrome menurut ganteng.co.id, yang bisa Anda lakukan, baik untuk memblokir notifikasi dari semua website atau situs, maupun menonaktifkan notifikasi dari beberapa situs saja. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menonaktifkan pop-up atau iklan di chrome yang sering kali mengganggu.

Baca juga: Cara menjadikan Hp sebagai Remot TV

Cara menonaktifkan notifikasi Chrome berikut ini bisa anda lakukan pada perangkat Android maupun desktop. Dengan begitu Anda bisa melakukan pencarian dan membaca informasi di website dengan nyaman dan aman.  Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Menonaktifkan atau memblokir notifikasi dari semua website (situs)

Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan keamanan dalam mencari informasi di chrome, Anda bisa menonaktifkan notifikasi untuk semua website atau situs. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, Anda bisa menyiapkan perangkat seperti handphone, tablet Android, atau desktop Chrome, lalu buka aplikasi Chrome
  2. Setelah itu, di sebelah kanan kolom URL, ketuk Lainnya atau ikon tiga titik di sudut kanan atas, di situ Anda akan ditampilkan beberapa menu, lalu pilih Setelan (Settings).
  3. Ketuk opsi Setelan Situs (Settings) lalu Anda bisa scroll ke bawah hingga menemukan bagian Notifikasi (Notifications), setelah itu klik.
  4. Pada bagian atas, Anda bisa aktifkan atau nonaktifkan setelan notifikasi. Klik tanda centang di sebelah nama website yang ingin dinonaktifkan notifikasinya. Ulangi proses ini di semua website yang Anda ingin nonaktifkan atau mematikan notifikasi agar tidak mengganggu ketika membuka situs atau website.
  5. Jika ingin menonaktifkan notifikasi di semua website, Anda bisa menonaktifkan toggle yang ada pada bagian Sites lalu pilih opsi Show Notifications.
  6. Kalau Anda ingin mengizinkan notifikasi yang lebih pelan, ketuk Gunakan pesan yang lebih tenang. Ini akan menjadikan pop-up notifikasi terblokir agar tidak mengganggu notifikasi Anda. Anda tidak akan dapat notifikasi lagi setelah mengabaikan beberapa notifikasi dari website. Ini juga akan terjadi kalau pengguna lain biasanya dari website tidak mengizinkan notifikasi.
  7. Setelah proses di atas selesai dilakukan dengan tepat, Anda tidak akan terganggu lagi dan tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dari website pada Chrome-mu.
  8. Menonaktifkan atau memblokir notifikasi hanya dari beberapa situ

Bagi beberapa orang mungkin ingin mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari beberapa situs atau website tertentu saja untuk menambah referensi bacaan mereka dan mendapatkan info lebih update. Agar tidak tercampur dengan notifikasi yang tidak dibutuhkan, berikut langkah-langkah menonaktifkan atau memblokir notifikasi hanya dari beberapa situs, yaitu:

  1. Langkah pertama, Anda bisa menyiapkan perangkat seperti handphone, tablet Android, atau desktop Chrome, lalu buka aplikasi Chrome
  2. Mulai dari membuka website yang Anda tidak ingin ada notifikasinya.
  3. Setelah itu, di sebelah kanan kolom URL, ketuk Lainnya atau ikon tiga titik di sudut kanan atas lalu pilih pilihan Info.
  4. Selanjutnya pilih Izin dan lanjut klik Notifikasi (Notifications). Jika Anda tidak menemukan settings dari website tertentu, Anda tidak akan mendapat notifikasi, jadi tenang saja.
  5. Terakhir, pilih Izinkan (Allow) atau Blokir (Block) pada notifikasi website tersebut.
  6. Setelah Anda pilih Block, maka Anda tidak akan mendapat notifikasi lagi. Adapun untuk beberapa situs yang tidak Anda blokir akan tetap mengirimkan notifikasi pada chrome anda.
  7. Menonaktifkan atau memblokir pop-up

Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah menonaktifkan atau memblokir pop-up pada chrome, di antaranya yaitu

  1. Pada handphone, tablet Android, atau desktop Chrome, buka aplikasi Chrome.
  2. Setelah itu, di sebelah kanan kolom URL, ketuk Lainnya atau ikon tiga titik di sudut kanan atas lalu pilih Setelan (Settings).
  3. Selanjutnya pilih Izin, lalu ke Pop-up dan ke pengalihan.
  4. Nonaktifkanlah Pop-up dan pengalihan. Setelah ini selesai, maka notifikasi Pop-up Anda sudah terblokir dan Anda tidak akan mendapat notifikasinya lagi.

Baca juga: cara cek tagihan listrik sudah di bayar belum melalui HP

Itulah beberapa hal mengenai cara menonaktifkan notifikasi chrome yang bisa anda ketahui. Sangat mudah bukan? Bisa langsung dipraktikkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.