Cara Menonaktifkan Centang Biru Di Wa

Cara menonaktifkan centang biru di WA

Whatsapp sudah menjadi aplikasi wajib bagi kebanyakan orang dalam berkirim pesan. Sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014, Whatsapp telah berhasil menjangkau 200 juta pengguna aktif bulanan. Untuk saat ini, Whatsapp melaporkan bahwa lebih dari 2 miliar orang secara aktif menggunakan layanannya secara global. Hal ini menjadikan Whatsapp sebagai aplikasi messenger paling populer di belahan dunia.

Aplikasi WhatsApp saat ini menjadi salah satu platform perpesanan instan paling populer. Berdasarkan pantauan melalui Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 miliar kali. Dengan meningkatnya jumlah pengguna WhatsApp, perusahaan juga meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Belum lama ini, mereka juga menambahkan berbagai fitur menarik.

Salah satu fitur Wa yang baru saja dirilis ialah View Once. Fitur ini memudahkan Anda untuk lebih menjaga ruang pribadi atau privasi Anda. Fitur ini juga memiliki poin menarik lainnya, yaitu siapa pun yang mengirimkan foto atau video kepada Anda, hanya dapat dibuka satu kali. Setelah itu, pesan akan diperbarui dengan kata-kata ‘dibuka’.  Selain fitur View Once, pada tahun 2014, WhatsApp juga meluncurkan fitur centang biru di chat Anda.

Fitur ini menjadi penanda jika pesan yang Anda kirimkan sudah dibaca atau belum. Jika Anda tidak ingin orang lain tahu bahwa Anda telah membaca pesan yang Anda kirim, Anda juga dapat menonaktifkan fitur ini. Anda dapat pergi ke pengaturan ‘privasi’. Meskipun Anda telah Menonaktifkan Centang Biru di WA, untuk pesan suara atau catatan suara, centang biru akan tetap terlihat oleh orang yang Anda ajak bicara.

Bagi sebagian orang, menonaktifkan centang biru bisa menjadi masalah. Hal ini karena mereka tidak dapat melihat apakah pesan mereka telah dibaca atau tidak meskipun balasannya sedang ditunggu. Jika Anda sering merasakan hal ini, ternyata ada cara lain untuk melihat apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum. Triknya adalah Anda harus membuat grup WhatsApp terlebih dahulu sebelum mengirim pesan penting apa pun.

Fitur Read Receipt atau Centang Biru di Whatsapp

Secara default, aplikasi Whatsapp memang memberikan informasi keterbacaan kepada pengguna melalui fitur tanda terima baca atau centang biru ini. Banyak pengguna yang menyukai fitur ini, dan ada juga yang kurang nyaman. Umumnya pesan yang kita sampaikan kepada mitra chat akan terkirim dengan munculnya dua tanda centang abu-abu pada pesan tersebut. Kemudian warna abu-abu akan berubah menjadi biru, setelah lawan chat membaca pesan kita.

Faktor penyebab pengguna tidak mengaktifkan centang biru pada pesan Whatsappnya adalah karena alasan privasi. Beberapa orang tidak ingin pesan yang mereka terima diketahui telah dibaca oleh mitra obrolan mereka.

Baca juga: Cara menghapus history map

Jadi Whatsapp juga telah memberikan opsi lain dengan menonaktifkan centang biru di riwayat obrolan pengguna. Beberapa orang memilih untuk mematikan fitur centang biru di aplikasi Whatsapp mereka karena beberapa alasan. Alasan mengapa pengguna mematikan fitur tanda terima telah dibaca adalah:

  • Hindari kekecewaan
  • Sehingga tidak diketahui ketika sedang melihat status WA seseorang
  • Menghindari prasangka orang lain, dan
  • Rasa sakit hati

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menonaktifkan Centang Biru

Cara menonaktifkan centang biru di WA perlu juga memperhatikan beberapa hal. Terkait dengan etika dalam bersosialisasi dan komunikasi online. Karena Anda perlu menjaga hubungan baik meskipun dilakukan secara online. Fitur ini juga akan berlaku untuk semua lawan Anda. Baik itu teman, rekan kerja, keluarga, orang terkasih dan lain-lain. Tidak dapat dipilih hanya untuk beberapa orang. Jadi semuanya bisa terjadi.

Jadi jika Anda perlu berkomunikasi dengan atasan kerja atau tokoh penting, Anda perlu mempertimbangkan kembali aplikasi tersebut. Agar tidak menimbulkan salah persepsi terhadap respon anda terhadap lawan. Sehingga diperlukan langkah tersendiri nantinya. Penerapan cara menonaktifkan notifikasi centang biru tidak akan berlaku untuk pesan sebelumnya. Pesan yang sudah terkirim tetap berada di pengaturan lama, sehingga yang sudah terbaca akan tetap menampilkan centang biru.

Anda dapat mengaktifkan kembali tanda terima telah dibaca saat Anda membutuhkannya lagi. Jadi untuk beberapa saat ketika ingin menjaga privasi, tandanya bisa dinonaktifkan kembali. Jadi caranya cukup sederhana. Ada kondisi centang biru tidak muncul meski aktif. Hal ini bisa terjadi ketika rekan komunikasi Anda belum membuka WA.

Bisa juga karena sinyalnya kurang bagus sehingga pesannya belum sampai. Itulah cara mematikan centang biru di WA yang perlu diperhatikan di aplikasi WhatsApp. Jadi apa hubungan antara tanda-tanda ini dan yang terakhir terlihat? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Fitur Centang Biru

Padahal tanda tanda terima baca atau centang biru sudah disediakan secara default untuk pengguna aplikasi Whatsapp. Namun tidak menutup kemungkinan pengguna dapat mematikannya melalui fitur-fitur yang telah disediakan. Bahkan untuk menonaktifkan centang biru cukup mudah dilakukan. Langkah-langkah untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp
  • Tekan tombol atau tiga titik vertikal di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp.
  • Pilih “Pengaturan” > “Akun” > “Privasi”
  • Kemudian, pada opsi “Baca Tanda Terima”, pindahkan tombol sakelar ke arah mati.

Centang biru yang telah dinonaktifkan tidak akan memberikan informasi keterbacaan untuk mitra obrolan. Perlu kita ketahui bahwa dengan menonaktifkan fitur tanda terima telah dibaca, berlaku dua arah. Artinya, jika kita berhasil menonaktifkan fitur tersebut, maka kita tidak akan mendapatkan informasi keterbacaan saat mengirim pesan ke chat lawan.

Baca juga: Cara mengecek pemakaian pulsa telkomsel

Hubungan Centang Biru dengan Last Seen

Menonaktifkan bendera biru di Whatsapp terkait dengan yang terakhir terlihat. Informasi ini menunjukkan bahwa Anda sedang online atau tidak online. Bagi lawan komunikasi informasi ini mungkin penting. Harapannya saat mengetahui sedang online, pesan akan langsung dibalas, minimal informasi penting sudah tersampaikan. Mirip dengan yang terakhir terlihat yang menunjukkan kapan Anda terakhir online.

Fitur last seen memberikan informasi kapan terakhir kali Anda menggunakan WA bahkan untuk orang yang tidak ada dalam daftar kontak. Sehingga dapat memprediksi apakah WA yang dikirimkan akan terbaca atau tidak. Mirip dengan centang biru sebagai penanda tanda terima telah dibaca, last seen juga bisa dimatikan. Sehingga tidak ada yang akan tahu bahwa Anda hanya online. Seolah-olah WA dalam keadaan tidak aktif.

  • Buka WA lalu klik titik tiga di kanan atas.
  • Pilih pengaturan di bagian paling bawah, masuk ke menu “akun”, lalu “privasi”.
  • Kemudian masuk ke menu “terakhir terlihat”.
  • Pengaturan default pada last seen adalah “semua orang”. Ini berarti bahwa setiap orang yang menghubungi Anda akan tahu kapan Anda terakhir online.
  • Ubah ke “kontak saya” untuk membatasi. Untuk membatasi semua orang, pilih “tidak ada”. Tetapi bahkan jika “tidak ada” yang dipilih, ketika Anda mulai mengetik, pesan akan muncul secara otomatis secara online. Sedikit berbeda dengan cara mematikan centang biru di WA.

Demikian ulasan blog ganteng tentang, Cara Menonaktifkan Centang Biru di Wa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.