Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Efektif

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Efektif

Setiap laptop pasti memiliki fitur untuk meredupkan cahaya di layar. Hal ini dilakukan guna memberikan kemudahan bagi setiap pengguna. Karena terkadang pengguna lebih suka menggunakan tingkat kecerahan tertentu pada layar. Tapi, bagaimana Cara Mengurangi Kecerahan Laptop?

Faktanya, masih banyak pengguna laptop yang belum mengetahui cara meredupkan atau meringankan lampu layar pada laptop. Karena cara ganteng ini tidak diberikan secara jelas ketika seseorang membeli laptop untuk pertama kalinya.

Namun jangan khawatir, karena disini kami akan membagikan cara mengatur kecerahan layar laptop. Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows saat ini kebanyakan menggunakan versi yang paling tinggi yaitu Windows 10. Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan cara mengurangi kecerahan laptop di Windows 10.

Baca juga: Cara mengembalikan foto yang sudah di hapus di HP

Namun, jika Anda masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8, Anda tidak perlu khawatir karena cara ini juga bisa dilakukan pada versi Windows tersebut. Kalaupun ada perbedaan, perbedaannya tidak terlalu banyak. Baiklah langsung saja kita ke tutorial cara mengurangi kecerahan laptop berikut ini :

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Secara Efektif

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Efektif

Dengan Keyboard

Cara paling sederhana untuk mengurangi kecerahan layar laptop adalah dengan menggunakan keyboard. Cara ini bisa diterapkan hampir di semua merk laptop yang ada seperti Axioo, Axioo Neon, dan cara meredupkan layar laptop Acer. Berikut caranya:

  • Pertama, cari sebuah simbol matahari atau simbol kecerahan pada keyboard. Simbol ini umumnya terletak pada baris F1 – F12.
  • Setelah ditemukan, klik salah satu tombol redup atau cerahkan.
  • Jika tidak dapat diredupkan, maka Anda dapat menambahkan tombol fn sebelum menekan tombol di atas.
  • Cara ini sebaiknya sudah digunakan untuk meredupkan atau mencerahkan layar laptop Anda.

Perlu diketahui bahwa letak tombol bright dan dim bisa berbeda-beda di setiap laptop. Cara penggunaan juga bisa berbeda. Ada yang bisa langsung ditekan dan langsung memberikan efek, ada juga yang harus menekan tombol fn terlebih dahulu. Cara ini lebih sederhana dibandingkan cara lain karena bisa langsung dilakukan di keyboard tanpa harus repot harus menggunakan program atau cara lain yang lebih rumit.

Menggunakan Slider

Windows 10 memiliki fitur khusus yang dapat Anda gunakan untuk meredupkan layar dengan cepat. Cara ini sebenarnya bisa Anda lakukan pada semua merek laptop yang menggunakan sistem operasi Windows seperti Lenovo dan Toshiba. Berikut cara lengkapnya:

  • Pertama, periksa simbol baterai di bilah alat di bagian bawah.
  • Klik simbol baterai.
  • Setelah itu akan muncul icon matahari beserta tingkat kecerahan layar laptop saat ini.
  • Cukup klik pada ikon.
  • Kemudian akan muncul slider yang bisa kamu geser untuk mengatur kecerahan pada layar laptop yang kamu gunakan.
  • Jika demikian, klik salah satu untuk menutup jendela kecil.

Sayangnya dalam beberapa kasus, ikon matahari tidak muncul sehingga layar tidak dapat diredupkan dengan cara ini. Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa mencoba cara-cara berikut yang kami bagikan di bawah ini.

Mengatur Mode Baterai

Cara mengurangi kecerahan laptop selanjutnya adalah dengan mengatur mode baterai. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda menggunakan baterai sebagai sumber listrik utama untuk menggunakan laptop. Jadi, pastikan baterai Anda tidak dalam kondisi terisi daya. Berikut cara mengatur mode baterai.

Baca juga: Cara melihat pesan WA yang sudah terhapus

  • Pertama, lakukan hal yang sama seperti cara sebelumnya yaitu cari icon baterai pada bar di bagian bawah layar.
  • Setelah itu, klik ikon tersebut.
  • Sebuah jendela kecil akan terbuka dan memberikan informasi tentang mode baterai Anda saat ini.
  • Klik teks mode baterai dan penggeser atau opsi akan muncul untuk memilih mode baterai yang tersedia.
  • Pilih mode baterai “Power Saver” untuk membuat tampilan layar lebih redup dan pilih “Best Performance” untuk membuat tampilan layar lebih terang.

Anda bisa menggunakan cara ini jika cara nomor 2 tidak bisa dilakukan. Karena ketika Anda membuka ikon baterai, kemungkinan Anda akan menemukan dua opsi. Jika tidak ada penggeser untuk kecerahan layar, maka Anda bisa langsung mengaturnya menggunakan mode baterai. Hanya saja, jika Anda meredupkan layar laptop menggunakan mode baterai ini, Anda hanya bisa mendapatkan 2 atau 3 tingkat kecerahan. Jadi, bisa dikatakan cara ini kurang fleksibel.

Menggunakan Display Settings

Jika cara-cara mengurangi kecerahan laptop di atas tidak bisa Anda lakukan karena beberapa masalah. Tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa melakukannya dari Pengaturan Tampilan. Berikut caranya:

  • Pastikan Anda berada di halaman utama Windows atau wallpaper.
  • Klik kanan di area mana pun.
  • Pilih opsi Pengaturan Tampilan.
  • Sebuah jendela akan muncul yang dapat Anda gunakan untuk mengatur segala sesuatu tentang Tampilan.
  • Untuk mengatur kecerahan layar, cukup pilih opsi Brightness and Color lalu klik Change Brightness.
  • Cukup geser penggeser yang tersedia ke tingkat kecerahan yang Anda inginkan.
  • Setelah selesai, Anda tinggal menutup jendela tanpa harus menerapkan atau mengkonfirmasi.

Khusus untuk cara ini, beberapa versi Windows terkadang memiliki perbedaan tersendiri. Namun, menunya tetap sama. Yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan kecerahan. Jadi jika Anda ingin meredupkan layar laptop dengan cara ini, pastikan Anda mencari menu dengan deskripsi kecerahan.

Baca juga: Cara memperkuat sinyal 4G Telkomsel

Menggunakan Baterai Sebagai Sumber Daya Utama

Pada beberapa laptop, mode baterai sangat bergantung pada sumber daya yang digunakan laptop saat ini. Saat menggunakan sumber listrik langsung dari listrik atau saat laptop sedang diisi daya, biasanya laptop akan otomatis masuk ke mode performa terbaik. Dimana mode performa terbaik adalah mode yang memberikan performa terbaik termasuk tingkat kecerahan layar laptop. Itu sebabnya dalam mode ini Anda akan mendapatkan kecerahan laptop yang maksimal.

Untuk mendapatkan kecerahan yang lebih rendah, Anda dapat menggunakan baterai sebagai sumber utama. Karena dengan adanya baterai, biasanya laptop secara otomatis akan masuk ke mode hemat daya dimana layar lebih redup. Cara ini efektif digunakan pada semua jenis merk laptop. Seperti Cara Mengurangi Kecerahan Laptop asus atau cara meredupkan layar laptop hp.

Windows + X

Cara mengurangi kecerahan laptop selanjutnya di daftar ini adalah dengan menggunakan kombinasi keyboard Windows + X. Berikut caranya:

  • Pertama, tekan Windows + X di laptop.
  • Pilih Pusat Mobilitas.
  • Setelah itu akan ada opsi kecerahan layar yang bisa Anda gunakan untuk mengatur kecerahan pada laptop.
  • Cukup geser slider yang tersedia ke arah yang Anda inginkan untuk mengatur kecerahan layar laptop Anda.

Dengan Tombol Shortcut Keyboard

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan tombol pintasan keyboard. Ya, ada tombol shortcut keyboard yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan laptop. Karena itulah di bawah ini kami akan membahas cara mengatur kecerahan laptop menggunakan tombol pintas keyboard. Langsung saja simak ulasan cara mengatur kecerahan laptop menggunakan tombol shortcut keyboard di bawah ini.

  • Pertama buka menu Windows 8 Chrams Bar.
  • Kemudian tekan kombinasi pintasan keyboard Windows + C.
  • Kemudian pilih Pengaturan.
  • Pilih Kecerahan.
  • Kemudian sesuaikan kecerahan keyboard ke atas dan ke bawah menggunakan mouse atau gunakan tombol PgUp dan PgDn untuk menyesuaikan kecerahan laptop Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Efektif semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.