Cara Mengunci Jaringan 4g Samsung Dengan Mudah

cara mengunci jaringan 4g samsung

Sebagai pengguna smartphone, tentunya Anda sangat sering menggunakan internet untuk dapat mendukung semua penggunaan menu dan aplikasi yang ada di smartphone tersebut. Salah satunya adalah media sosial yang saat ini sedang digandrungi semua kalangan untuk membuat hiburan, viral, mencari sumber informasi dan lain sebagainya.

Namun yang sering menjadi kendala saat menikmati media sosial atau google web search adalah jaringan internet yang lambat. Namun kini sudah ada tips solusi jaringan yang paling unggul dan juga bisa digunakan dalam kecepatan super cepat yaitu jaringan 4G LTE. Namun ternyata masih banyak pengguna smartphone yang bingung Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung.

Syarat Menikmati Jaringan 4G Lte

Untuk bisa mengaktifkan jaringan 4G LTE di HP Samsung, ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan sebelum menikmati jaringan super cepat ini. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. a) Pastikan Samsung Anda mendukung dan mendukung 4G LTE sesuai dengan frekuensi operator yang Anda gunakan. Namun kebanyakan smartphone Samsung sudah mendukung jaringan ini, jadi Anda bisa bernafas lega.
  2. b) Area Anda tercover oleh sinyal jaringan 4G LTE, untuk melihat apakah area anda mendukung dan tercover oleh 4G LTE, anda bisa menggunakan aplikasi bernama “Open Signal” yang bisa di download di Google Playstore secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat / mengetahui jangkauan area sinyal 4G LTE dari berbagai operator seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three (3), Smartfren, Bolt, dan operator lainnya.
  3. c) Kartu SIM operator Anda mendukung 4G. Jika Anda membeli kartu SIM yang tidak mendukung 4G, semuanya sia-sia meskipun Samsung Anda mendukung 4G. Solusinya, Anda bisa menukarkannya ke outlet resmi operator yang bersangkutan. Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, kini kamu bisa langsung menjawab pertanyaan Cara mengunci 4G LTE only Samsung sebagai berikut!

Faktor Jaringan Tidak Stabil

Ada banyak faktor yang sering kita jumpai kenapa hp kita tidak bisa stay 4g, diantaranya sebagai berikut :

  • Hp panas bisa jadi faktor
  • Tidak ada fitur kunci 4g
  • Jangkauan menara 4g di dekat Anda tidak stabil
  • Ponsel Anda tidak mendukung 4g jadi pastikan dulu
  • Hp kamu support 4g tapi frekuensi sinyal 4g hp kamu terlalu rendah

Jadi jika Anda memiliki faktor-faktor di atas, jangan berkecil hati dulu. Anda perlu mencoba Mengunci atau Mengunci sinyal 3G ke 4G dengan bantuan beberapa pengaturan dan bahkan alat yang akan saya tunjukkan di bawah ini.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Khusus untuk Anda pengguna smartphone Samsung, sangat tepat jika menyimak ulasan kali ini yang akan membahas tentang cara mengunci Samsung 4G. Bagi Anda yang sudah penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Cara Untuk Mengunci Jaringan 4G Pada Perangkat Samsung Tanpa Melakukan Root

Hal yang perlu diperhatikan untuk cara mengunci jaringan 4G Samsung adalah pastikan ponsel Anda sudah mencapai 4G. Jika anda belum tahu bagaimana cara cek spesifikasi hp anda, silahkan buka google.com dengan mencari sesuai merk dan tipe hp anda. Berikut langkah-langkah untuk mengunci 3G ke 4G tanpa root:

Baca juga: cara menjadikan hp sebagai remote TV

  1. Buka Playstore masing-masing dan ketik pencarian “4G LTE Switch” tanpa tanda kutip. Maka akan muncul seperti gambar berikut
  2. Jika sudah, silahkan install aplikasinya dan buka aplikasinya. Kemudian klik lanjutkan.
  3. Pilih paling atas > Change to LTE only > klik bagian tengah dan pilih LTE Only yang artinya hanya jaringan LTE yang akan muncul.
  4. Selesai dan pastikan sinyal anda berubah menjadi 4G saja tanpa pernah berubah menjadi 3G.

2. Cara Mengunci Jaringan 4G Menggunakan Aplikasi 4g Switcher

cara mengunci jaringan 4G Samsung yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi 4G Only “4g Switcher”. Pertama kamu bisa mendownloadnya di play store di smartphone kamu. Setelah itu anda bisa menginstallnya di smartphone kemudian buka menu setting dan klik menu developer options.

Jika menu tersebut tidak terdapat pada smartphone anda maka anda bisa masuk ke menu about device dan setelah itu gunakan serial number kemudian klik 3 kali dan setelah itu akan muncul menu developer. Jika sudah, maka masuk ke menu dan aktifkan kemudian scroll ke bawah dan pilih about network lalu pilih authority dari perangkat tampilan nirkabel. Jika sudah terkonfigurasi maka anda bisa langsung membuka aplikasinya kemudian merubah jaringan menjadi LTE only.

3. Cara Mengunci Jaringan 4G Menggunakan Kode Dial

cara mengunci jaringan 4G Samsung yang kedua adalah dengan dial *#0011# dan setelah itu akan muncul di menu service mode. Kemudian pilih opsi kembali lalu lanjutkan pada input dan masukkan sinyal QOOOO. Kemudian beberapa detik akan muncul tampilan back & key input kemudian pilih debug dan lanjutkan dengan phone control.

Baca juga: Cara menyambungkan hp ke TV

Jika sudah maka pilih network control lalu band selection group lalu band selection sim 1 group dan setelah itu grup band LTE1 lalu LTE ALL. Jika sudah, berarti jaringan 4G telah terkunci di smartphone Anda.

4. Cara Mengunci Jaringan 4G Menggunakan Aplikasi Advance Signal Status

cara mengunci jaringan 4G Samsung ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi Advance Signal Status. Kondisi smartphone harus di root dan setelah itu download aplikasinya di play store dan install di smartphone kamu. Jika sudah, lalu pilih info tambahan, lalu pilih menu informasi telepon, lalu gulir dan ubah jaringan menjadi LTE only. Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui dari cara mengunci Samsung 4G.

5. Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan Menggunakan Sebuah Aplikasi Force LTE Only

Nah, karena cara mengunci jaringan 4G Samsung di atas tidak berlaku untuk hp selain merk Samsung, maka kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan. Saat ini sudah banyak aplikasi kunci jaringan 4G yang tersedia di Google Play Store. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Force LTE Only.

Aplikasi ini hanya membutuhkan kapasitas 4,1 MB dan memiliki rating 4,1/5 yang cukup tinggi. Jangan khawatir, ini juga mudah digunakan. Jika belum pernah menggunakannya, yuk ikuti cara mengunci jaringan 4G dengan aplikasi Force LTE Only berikut ini.

  1. Anda bisa mendownload aplikasi Force LTE Only terlebih dahulu jika belum memiliki aplikasi tersebut.
  2. Setelah pengunduhan selesai, buka aplikasi Force LTE Only.
  3. Jika menemukan tulisan seperti pada gambar berikut saat pertama kali membuka aplikasi, klik saja OK.
  4. Selanjutnya, klik menu Setting SIM 1 LTE|3G|2G di bagian atas.
  5. Ketika menu Device Info muncul, pilih Set Preferred Network Type.
  6. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan LTE only.
  7. Klik tombol Back dan smartphone akan otomatis mengunci jaringan 4G.

Tapi, ada beberapa risiko yang akan kamu hadapi setelah menerapkan cara mengunci jaringan 4G di atas. Saat Anda berada di area dengan jaringan 4G yang lemah, bisa jadi koneksi internet tiba-tiba terputus. Selain itu, Anda juga tidak dapat melakukan panggilan dan SMS karena kedua fungsi ini masih membutuhkan jaringan 2G dan 3G. Risiko lainnya adalah baterai HP cepat habis karena terpaksa terus mencari jaringan 4G.

Demikian ulasan ganteng tentang Cara Mengunci Jaringan 4g Samsung Dengan Mudah semoga bermanfaaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.