Cara Menghilangkan Garis di Excel Untuk Berbagai Tujuan

Cara Menghilangkan Garis di Excel Untuk Berbagai Tujuan

Salah satu program yang wajib ada dalam komputer, laptop atau bahkan tablet hingga smartphone saat ini adalah Microsoft Excel. Program dan juga aplikasi yang sangat bermanfaat ini akan membantu kita tidak hanya sekedar membuat tabel yang lebih rapi namun juga untuk komputasi yang lebih rumit. Berikut ada tips menarik seperti salah satunya cara menghilangkan garis di Excel.

Excel memang merupakan program atau aplikasi yang termasuk dalam program Office. Program ini sangat membantu dalam perhitungan sederhana hingga perhitungan yang rumit sekalipun. Tak hanya itu saja, Excel juga akan membantu kita untuk merapikan data yang mana dengan tips ganteng.co.id dibawah ini data yang kita cetak atau simpan akan tampil lebih rapi.

Kelebihan Microsoft Excel

Ada beberapa kelebihan dari program atau aplikasi Excel ini yang mana akan sangat rugi bila kamu tidak mengetahuinya. Berikut kelebihan dari aplikasi dengan ikon awal berwarna hijau ini sehingga tidak heran banyak digunakan di berbagai bidang mulai dari kantor di bidang ekonomi hingga tak terkecuali di bidang pendidikan sekalipun.

Baca juga cara merubah format tanggal di excel

  1. Dapat digunakan di berbagai perangkat
  2. Tampilan yang intuitif dan sangat mudah untuk dipahami
  3. Tidak membutuhkan sumber daya besar dari perangkat yang menjalankannya
  4. Dapat dikembangkan ke Cloud
  5. Harga program lebih murah
  6. Bisa membaca format CSV

Sedangkan cara menghilangkan garis di Excel ini ditujukan untuk beberapa kondisi dan juga tujuan. Seperti salah satunya adalah apabila kita akan membuat dokumen dimana sebagian besar adalah tabel yang juga membutuhkan perhitungan rumit dimana pemanfaatan Microsoft Words mungkin lebih terbatas. Umumnya dalam dokumen tersebut kita membutuhkan judul untuk tabel.

Judul untuk tabel ini akan kita letakkan di atas tabel, namun apabila kita tidak mengaturnya secara khusus, akan muncul garis yang mungkin juga akan tercetak. Sebagai tips berikut langkah yang bisa kamu coba:

  1. Merge semua cell yang akan dijadikan sebagai letak judul tabel mulai dari ujung tabel kiri hingga ujung sebelah kanan. Apabila terlalu sempit, kamu bisa memperbesar ukuran row dari cell judul.
  2. Sebagai tips tambahan, beri setidaknya satu jeda row dengan cell yang berisi dengan data yang akan menjadi tabel
  3. Ketik judul tabel di lokasi cell yang merupakan hasil merge
  4. Setelah itu, sorot semua cell yang akan menjadi tabel
  5. Arahkan kursor ke arah toolbar, cari ikon persegi yang berbentuk seperti jendela. Klik ikon tersebut
  6. Agar semua garis tabel menghitam, pilih garis yang berbentuk seperti jendela
  7. Kamu juga bisa mengatur ketebalan garis dan juga gaya dari garis tabel seperti merubahnya menjadi garis putus-putus.
  8. Selesai.

Nah dengan tips diatas, maka kamu tidak perlu lagi repot mencari cara menghilangkan garis di Excel karena memang sedari awal tidak ada garis yang mengelilingi area untuk judul. Apabila kamu memiliki beberapa judul seperti perlu untuk meletakkan alamat atau informasi lainnya, berikan satu row tambahan di bagian bawah judul dan jangan lupa untuk memberi jeda 1 row dengan tabel.

Dengan demikian, ketika kamu mengeprint dokumen excel maka area judul tidak akan dilingkari oleh garis hitam. Garis hitam hanya akan melingkari area tabel dimana data yang kamu perlukan. Selain di aplikasi atau program Microsoft Excel, cara menghilangkan garis di Excel ini juga bisa kamu lakukan di aplikasi atau program Microsoft Words.

Pasalnya Ms. Words ini juga sudah terintegrasi dengan Excel sehingga apabila kamu menambahkan tabel di Words, hampir sebagian besar fungsi dari Ms. Excel akan muncul. Namun untuk kali ini semua tabelnya akan diberi garis sehingga bila kamu ingin memberi judul pada tabel kamu bisa memberikannya di area kerja Words atau harus menghilangkan garisnya terlebih dahulu.

 

  1. Untuk pemberian judul, langkah pertama merge semua cell yang hendak dijadikan lokasi pengetikan judul. Apabila judulnya terletak di tengah, ada baiknya semua cell dalam satu row di sepanjang lebar tabel di merge.
  2. Setelah merge, hilangkan garis dengan mengarahkan kursor pada cell yang akan dihilangkan garisnya, kemudian tuju toolbar dan pilih ikon berbentuk persegi yang terbagi empat seperti jendela
  3. Kemudian, pilih opsi paling akhir dimana ada ikon persegi tanpa garis hitam yang mengelilinginya. Terletak di bagian paling bawah.
  4. Lakukan hal yang sama untuk row dibawahnya apabila kamu ingin menjadikannya sebagai lokasi pemberian judul kedua atau informasi lainnya.
  5. Jangan lupa untuk menyertakan atau menyisipkan row kosong sebagai jeda atau pembatas antara judul dan area tabel sehingga tidak terlalu dekat.

 

Selesai, sangat mudah bukan caranya? Tentu saja kamu bisa memilih dan juga menyesuaikan dengan dokumen yang hendak kamu buat. Apabila ingin hasil yang lebih teliti dengan perhitungan yang kompleks dan tepat, kamu bisa mengandalkan Excel. Namun bila tabel hanya berisi data sederhana saja, maka kamu bisa menggunakan Words.

Cara ini tidak hanya bermanfaat apabila kamu ingin mencetak atau mengeprint nya saja. Cara ini juga akan terlihat hasilnya ketika kamu akan menyimpan dokumen excell ataupun word ke bentuk file dengan format PDF. Nantinya kolom yang tidak diberi garis atau tabel yang tidak diberi garis tidak akan menampakkan garis hitam saat disimpan.

Kamu bisa menganggap bahwa tampilan file PDF nya akan sama seperti tampilan saat kamu mencetak dokumennya hanya saja masih dalam bentuk file. Selain memberikan garis dan juga mengatur tebal garis dari tabel, kamu juga bisa memberikan kustomisasi atau perubahan dari garis yang mengelilingi tabelnya.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan garis-garis pendek, berupa titik-titik dan juga beberapa pilihan lainnya yang juga masih bisa kamu atur ketebalan dari garisnya. Ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat tabel yang mungkin harus dipotong atau digunting, akan lebih baik bila kamu memberikan garis-garis.

Tips untuk menghilangkan garis dalam tabel baik yang diberikan untuk Words terutama Excel akan sangat bermanfaat pula bila dalam satu halaman kerja kamu akan menempatkan lebih dari satu tabel. Nah untuk penempatan lebih dari satu tabel tersebut perlu diatur agar terlihat rapi dengan memberikan jeda antara satu tabel dan juga tabel lainnya.

Untuk dua atau lebih tabel yang ada dalam satu halaman kerja, bisa kamu hilangkan dengan cara yang sama yakni dengan memilih ikon pada toolbar yang sama yakni dengan memilih menu persegi yang terlihat seperti jendela kemudian memilih ikon yang tidak dikelilingi garis. Nantinya area yang disorot tidak memiliki garis berwarna hitam.

Itulah cara menghilangkan garis di Excel yang akan sangat bermanfaat untuk pengetikan dokumen yang banyak menampilkan tabel. Selain mempelajari cara untuk memberi garis dan menghilangkan garis, jangan lupa untuk belajar berbagai formula dalam aplikasi atau program Excel sehingga kamu bisa menyelesaikan dokumen yang berisi data baik yang sederhana maupun yang rumit sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.