Cara Menghapus History Maps

Cara Menghapus History Maps

Google maps kini sudah menjadi aplikasi wajib di Android. Aplikasi yang berfungsi sebagai navigasi bagi masyarakat ini telah membantu banyak orang yang kebingungan saat bepergian. Selain itu, aplikasi Google Maps juga digunakan untuk melihat perkiraan waktu sampai tujuan, dan melihat kemacetan saat bepergian. Seperti aplikasi lainnya, Google Maps juga menyimpan history.

Nah menyimpan history di aplikasi ini akan menimbulkan masalah privasi, karena Google Maps otomatis menyimpan history lokasi Anda setiap saat. Jika Anda sangat memperhatikan privasi, maka Anda dapat mencegahnya dengan menghapus data historis. Di halaman dukungan Google juga telah dijelaskan bahwa Anda dapat menghapus riwayat pencarian Anda sebelumnya.

Ini berarti bahwa di sini Google memberi Anda kendali penuh atas apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda simpan saat mengakses aplikasi. Jika Anda lebih suka menggunakan Google Maps daripada Apple Maps di iPhone atau pun iPad, ada baiknya mengetahui bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengelola berapa lama riwayat penelusuran peta Anda disimpan di server Google tersebut.

Saat Anda mulai mengetik nama suatu tempat di Google Maps, aplikasi akan memunculkan saran dari penelusuran terakhir Anda untuk tempat dan petunjuk arah, yang dapat berguna jika Anda sering mengunjungi lokasi tertentu. Terkadang saran adalah untuk tempat yang tidak ingin Anda kunjungi kembali dalam waktu dekat, dalam hal ini Anda dapat menghapus saran tersebut.

Anda juga dapat mengatur akun Google Anda untuk secara otomatis menghapus riwayat pencarian Google Maps Anda setelah jangka waktu tertentu, yang jauh lebih mudah daripada menghapus sendiri lokasi secara manual. Langkah-langkah berikut menunjukkan cara Menghapus History Maps di Android atau iPhone yang Anda gunakan.

Cara Menghapus History Maps

Buka aplikasi Google Maps menggunakan akun Google Anda, Buka menu, geser dari tepi kiri untuk melihat menu Google Maps, Di bagian paling bawah ada opsi pengaturan dan ketuk pengaturan. Ketuk Riwayat peta. Untuk mengatur penghapusan otomatis, ketuk Pilih untuk menghapus secara otomatis dan buat pilihan antara 3 dan 18 bulan. Jika Anda telah menyiapkan proses otomatis tersebut, Anda akan melihat opsi Pilih berapa lama untuk menyimpannya.

klik Berikutnya, klik Konfirmasi atau Dipahami. (Pilihan ini tergantung pada apakah Anda perlu mengatur penghapusan otomatis atau tidak.), Untuk menghapus lokasi individual dari riwayat pencarian Anda, gulir ke bawah untuk menemukan lokasi tertentu yang ingin Anda hapus, klik menu vertikal (tiga titik ditempatkan secara vertikal di kanan atas lokasi yang ingin Anda hapus), klik Hapus, klik Hapus lagi ketika Anda diminta di pop-up

Baca juga: Cara mengecek BI Checking lewat HP

Cara Menghapus Riwayat Google Maps Di iPhone Atau Juga Perangkat iOS Lainnya

  • Buka aplikasi Google Maps Anda menggunakan akun Google Anda.
  • klik tombol Menu.
  • klik Pengaturan.
  • klik Riwayat Peta.

Untuk melihat seluruh riwayat Maps Anda, ketik Maps di bidang pencarian dan lalu klik Selesai. klik Filter menurut tanggal dan lalu masukkan rentang tanggal (atau biarkan sebagai Sepanjang Waktu ). Pilih Terapkan.

  • Klik menu vertikal (3 titik ditempatkan secara vertikal di sebelah kanan atas hasil pencarian).
  • Klik hapus hasil untuk menghapus semua riwayat anda yang ada di aplikasi tersebut. Tape hapus lagi untuk mengonfirmasi.
  • Untuk menghapus satu item dari riwayat pencarian anda, gulir ke item tersebut dan klik menu vertikal (tiga titik ditempatkan secara vertikal di kanan atas setiap item). Ini sama seperti di android.
  • Klik hapus di bagian sebelah setiap entri yang ingin anda hapus. Lanjutkan melakukan ini untuk setiap item yang ingin anda hapus jika anda juga ingin menyimpan beberapa item tersebut.

Cara Menandai Lokasi Tutup di Google Maps

Meski lokasi bisnis sudah dihapus, terkadang masih sering muncul di halaman pencarian. Setelah lokasi ditemukan oleh pengguna, ternyata ditutup dan bisnis tidak lagi beroperasi. Jadi penting untuk memberi tanda bahwa tempat usaha sudah tutup. Menandai “tutup permanen” atau “tutup permanen” bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin menghapus lokasi bisnis.

Namun, saya masih ingin memberi tahu pengguna lain bahwa bisnis tidak lagi beroperasi. Anda dapat menunjukkan bahwa lokasi bisnis tutup di Google Maps karena Anda sudah memiliki hak untuk mengelola lokasi tersebut. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menandai tutup permanen di Google Maps, antara lain:

  • Melalui situs web Google Bisnisku
  • Buka situs Google Bisnisku menggunakan komputer/laptop
  • Ketuk menu di sebelah kiri
  • Klik Info
  • Cari tutup atau hapus listing ini
  • Pilih Tandai sebagai tutup permanen
  • Klik Oke

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, profil nama bisnis Anda akan ditandai tutup permanen di aplikasi Google Maps dan Google Penelusuran. Jika Anda ingin menandai lebih dari satu lokasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menandai beberapa lokasi sekaligus.

Baca juga: Cara mengecek pemakaian pulsa telkomsel

Fitur Google Maps yang bisa kamu coba maksimalkan fungsinya

Menambahkan Beberapa Tujuan

Anda dapat menambahkan beberapa tujuan wisata sekaligus saat menggunakan Google Maps. Misalnya, ketika Anda ingin melakukan perjalanan dari A ke D tetapi ingin mampir dulu ke B dan C, maka Anda dapat menambahkan beberapa lokasi sekaligus. Caranya adalah dengan memasukkan titik awal dan tujuan akhir di Google Maps terlebih dahulu, lalu klik tiga titik di kanan atas dan klik “Add stop”.

Sesuaikan Ikon Kendaraan

Anda dapat mengubah ikon kendaraan dari ikon panah standar menjadi bentuk mobil. Adapun caranya, tap ikon kendaraan yang ingin Anda ganti lalu Anda tinggal memilih bentuk kendaraan sesuai keinginan. Ikon mobil yang tersedia adalah sedan, truk, pikap, dan SUV.

Gunakan Asisten Google

Anda dapat menggunakan Asisten Google untuk membantu menavigasi saat menggunakan Google Maps. Misalnya, jika Anda tidak ingin mengalihkan pandangan dari jalan, Anda dapat mencoba Asisten Google di Google Maps. Anda bisa bertanya “OK Google find a pom bensin” maka pom bensin akan muncul di peta.

Mengubah Rute

Untuk mencapai suatu lokasi biasanya ada beberapa pilihan jalan. Google biasanya akan memilih rute tercepat. Tetapi Anda mungkin memiliki pertimbangan tertentu dalam memilih jalan. Oleh karena itu, Anda dapat mengubah rute pilihan Google sesuai keinginan. Untuk mengubah rute, Anda dapat mengklik jalan yang ingin Anda lewati. Rambu jalan sesuai pilihan, jalan akan berwarna biru. Dengan cara ini, Google akan menavigasi tujuan sesuai dengan rute yang dipilih.

Mengukur Jarak

Anda dapat mengukur jarak dari titik tertentu ke tempat mana pun yang Anda inginkan. Melalui Google Maps versi desktop, Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada titik tujuan awal untuk jarak yang akan diukur dan memilih ‘Ukur jarak’ kemudian mengklik lokasi tujuan yang ingin Anda hitung jaraknya.

Hemat Tempat Parkir

Dengan menggunakan Google Maps, Anda dapat menyimpan lokasi tempat Anda memarkir kendaraan. Caranya tap lokasi lingkaran biru yang menunjukkan lokasi Anda saat ini, lalu pilih ‘Save your parking space’. Anda kemudian dapat menambahkan catatan tentang tempat parkir atau mengambil fotonya. Selanjutnya atur sisa waktu sebelum penyimpanan tempat parkir tersebut habis.

Bagikan Daftar Lokasi Favorit Yang Direkomendasikan

dapat membuat daftar lokasi favorit dan membaginya dengan teman. Adapun caranya, klik opsi ‘disimpan’. Kemudian klik ‘Daftar baru’ untuk membuat daftar lokasi. Isi nama, deskripsi, jenis daftar dan klik ikon “+” untuk menambahkan lokasi ke daftar. Kemudian Anda dapat berbagi daftar dengan teman-teman.

Demikian ulasan Ganteng tentang, Cara Menghapus History Maps. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.