Cara Mengecek Bi Checking Lewat Hp

Cara Mengecek Bi Checking Lewat Hp

Dalam setiap pengajuan kredit ke suatu bank, baik itu pengajuan KPR, KKB, KTA, maupun kartu kredit yang sudah umum dan sering dipilih oleh masyarakat, ada satu syarat yang wajib dan tentunya harus dipenuhi agar permohonan disetujui oleh Bank. Persyaratan wajib tersebut disebut BI Checking. Secara garis besar, BI Checking berfungsi untuk menentukan kelayakan calon debitur atau yang mengajukan kredit di atas. Berikut ini artikel kami mengenai cara mengecek bi checking lewat hp.

Jika dijelaskan secara rinci, BI Checking sendiri merupakan informasi historis individu debitur yang akan mencatat lancar tidaknya pembayaran kredit ketika tanggal jatuh tempo pembayaran telah datang setiap bulannya. atau sering disebut dengan (kolektibilitas). Dalam prosesnya, selain memakan waktu lama, hasil akhir BI Checking sendiri tidak bisa dijamin lolos semuanya.

Bahkan tidak sedikit orang yang merasa kecewa karena pengajuan kreditnya ke bank ditolak hanya karena BI Checking ini. Dan di era digital seperti sekarang ini, ternyata ada cara Cek BI Checking via HP secara online sehingga kamu bisa memantau proses dan perkembangan BI Checking yang sedang kamu jalani. Namun, sebelum lanjut membahas cara cek BI Checking via hp online, ada beberapa hal yang harus dan perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Hal ini meliputi cara kerja BI Checking, alur permintaan BI Checking, serta apa yang lebih disukai oleh BI Checking oleh bank yang pada akhirnya akan berdampak pada diterimanya permohonan kredit Anda oleh bank yang akan Anda gunakan. Oleh karena itu bagi anda yang sebelumnya telah membaca artikel tentang cara cek tagihan kartu kredit BNI atau bank lain dan ternyata bagi anda yang belum memilikinya bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi.

Cara Mengecek Bi Checking Lewat Hp

Ada beberapa langkah cek BI Checking melalui HP Android. Cara mengeceknya adalah dengan mengaksesnya secara online melalui SLIK. Setelah itu, Anda dapat meminta informasi debitur untuk memverifikasi detail kredit dengan membuka situs resmi OJK. Adapun langkah-langkahnya, silahkan simak penjelasan selengkapnya cara mengecek bi checking lewat hp di bawah ini.

Siapkan Dokumen Pendukung Pemeriksaan BI Terlebih Dahulu

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, sebaiknya siapkan dulu dokumen pendukung BI Checking. Dokumen pendukung dibedakan menjadi dua, yaitu dokumen untuk Debitur Perorangan dan dokumen untuk Debitur Badan Usaha. Berikut penjelasannya, yang pertama yaitu Dokumen untuk Debitur Perorangan Untuk debitur perorangan, dokumen pendukung yang harus disiapkan adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara membuat mind mapping di HP

  • Fotokopi KTP Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Untuk Warga Negara Asing (WNA) bisa dengan fotokopi identitas diri atau juga identitas paspor.
  • Fotokopi identitas diri disertai dengan Surat Kuasa asli (jika dikuasakan).

Dokumen untuk Debitur Badan Usaha, Dokumen yang diperlukan untuk Debitur Badan Usaha, Anda dapat melihat penjelasannya sebagai berikut.

  • Membawa surat kuasa yang asli, fotokopi dan identitas asli badan usaha.
  • Fotokopi dan juga identitas asli Surat Kuasa (jika dikuasakan).
  • Akta Pendirian dan NPWP.
  • Identitas asli pengurus dan juga badan usaha atau fotokopi yang telah dilegalisir.
  • Perubahan anggaran dasar yang memuat susunan dan kewenangan kepengurusan.

Mengisi Formulir Antrian Online Cek BI

Setelah melengkapi dokumen-dokumen seperti tersebut di atas, selanjutnya Anda tinggal mengisi formulir antrian BI Checking yang dilakukan secara online. Cara mengisi formulir antrian adalah sebagai berikut.

Silakan buka ponsel Android Anda lalu buka Internet atau browser lain, Selanjutnya masuk ke website OJK dengan alamat “https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registration“, Jika Anda sudah memasukkan alamatnya, silahkan isi formulir aplikasi IDEP, Setelah itu tinggal pilih jadwal dan juga waktu serta sisa slot antrian. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka Anda tinggal memilih jam antrean online di langkah selanjutnya.

Memilih Jam Antrian Online

OJK menyediakan layanan antrian online yang terbagi dalam jam-jam berikut.

  • 00 – 09.00
  • 00 – 10.00
  • 00 – 11.00
  • 00 – 12.00
  • 00 – 14.00
  • 00 – 15.00

Perlu Anda ketahui bahwa permintaan informasi SLIK Debitur hanya tersedia pada hari Senin sampai dengan hari Jumat. Jadi selain hari itu, Anda tidak dapat meminta informasi dari Debitur SLIK.

Verifikasi Data

Jika formulir antrian online telah diisi, maka Anda akan mendapatkan persetujuan melalui email. Nantinya, Anda akan diminta untuk menghubungi OJK-SLIK melalui nomor Whatsapp yang ada di email untuk menyelesaikan tahap verifikasi data.

Pastikan untuk memperhatikan isi email dengan baik agar tidak terjadi kesalahan saat mengisi verifikasi data. Selain itu, pastikan juga untuk menyelesaikan proses verifikasi data sesuai dengan pedoman yang terdapat dalam email.

Memeriksa Email Masuk

Setelah semua proses diatas sudah selesai, selanjutnya tinggal cek email yang masuk. Hal ini dilakukan karena SLIK OJK memberikan informasi detail kepada Debitur SLIK melalui email yang masuk. Jika Anda mengalami kendala saat membacanya, maka jangan khawatir karena OJK memberikan panduan membaca di situs resminya. Dengan masuk ke situs resminya, Anda akan mendapatkan panduan detail cara mengecek bi checking lewat hp sehingga Anda bisa membacanya.

Cara Membersihkan BI Checking agar Lolos Pinjaman

Cek BI Checking di HP Android Agar lolos mengajukan pinjaman, Anda harus datang ke kantor bank tempat Anda mengajukan kredit untuk mengungkapkan masalah Anda. Negosiasi dengan meminta keringanan agar cicilan kredit bisa diselesaikan.

Baca juga: Cara beli pulsa di BCA Mobile

Dengan begitu, biasanya pihak Bank akan memberikan solusi seperti berikut ini.

  • Menjual pinjaman secara sukarela atau melalui lelang.
  • Memberikan restrukturisasi kredit yang ditawarkan oleh Bank kepada debitur yang terkena musibah atau fraud.
  • Meringankan denda dan juga bunga untuk melunasi pinjaman.
  • Membayar tunggakan pinjaman hingga mencapai kategori aman.

Tips Menjaga BI Checking Tetap Aman

Ada banyak cara untuk menjaga keamanan pemeriksaan status BI. Simak tips berikut ini.

Memahami Batas Kredit

Batas kredit adalah jumlah maksimum kredit yang diberikan oleh bank kepada debitur. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan batasan kredit Anda. Agar aman, gunakan kredit kurang dari batas yang ditentukan.

Membayar Angsuran Sebelum Jatuh Tempo

Sebaiknya biasakan untuk membayar cicilan kredit sekitar 5-7 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Jika perlu, gunakan fasilitas autodebet dari rekening tabungan, jadi tidak ada kata terlambat untuk membayar tagihan. Anda juga bisa menambahkan reminder agar tidak lupa, untuk menghindari resiko bunga berjalan dengan denda yang besar.

Mengambil Kredit berdasarkan Kemampuan dan Kebutuhan

Ada baiknya saat memutuskan untuk mengambil kredit, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan mengambil kredit di luar kemampuan Anda, sehingga menjadi tumpukan hutang yang sulit untuk dilunasi.

Cara Keluar dari Daftar Hitam BI Checking

Lunasi Hutang Kredit Segera

Meski masuk daftar hitam, pihak bank tentu akan menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan. Anda bisa datang ke bank dan mendiskusikan masalah tersebut, sambil berdiskusi untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Meski besaran cicilan bikin frustasi, sebisa mungkin tetap lunasi dan jangan lari atau menghindar.

Minta Keringanan Angsuran

Agar pihak bank kembali menaruh kepercayaan kepada Anda, mintalah pengurangan cicilan meskipun tenornya lebih lama. Biasanya pihak bank akan memberikan keringanan maksimal 50% dari total pinjaman yang dibayarkan. Jangan percaya jika ada orang yang bisa “mengapur” kredit macet, karena hal ini tidak ada di dunia perbankan.

Membuat Laporan Pelunasan Hutang

Cara Keluar dari Daftar Hitam Cek BI Membuat Laporan Pelunasan Hutang Setelah lunas, bank akan memberikan pernyataan bahwa Anda telah melunasi seluruh cicilan kredit. Langkah selanjutnya Anda bisa datang ke OJK dengan membawa bukti pembayaran, kemudian OJK akan mengupdate sistem yang menyatakan Anda bersih dan keluar dari daftar hitam. Untuk menghapus daftar hitam di SLIK, dibutuhkan setidaknya 24 bulan untuk memulihkan nama Anda.

Demikia ulasan blog ganteng tentang, Cara Mengecek BI Checking Lewat Hp. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.