Cara Mencari Sinyal Parabola Yang Hilang

Cara Mencari Sinyal Parabola Yang Hilang

Hilangnya sinyal dari parabola adalah masalah umum sehingga Anda perlu mengetahui cara mencari sinyal parabola untuk mengantisipasinya. Umumnya, Anda dapat melakukan metode ini sendiri tanpa bantuan ahli, sehingga menghemat waktu dan biaya. Hanya saja untuk melakukannya memang membutuhkan beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Ada banyak pilihan cara yang bisa Anda pilih atau coba untuk memunculkan kembali sinyal dari parabola. Berbicara tentang parabola, tidak sedikit orang yang menggunakannya dan banyak yang berlangganan saluran mahal untuk mendapatkan tayangan menarik di rumah sebagai hiburan sehari-hari. Namun ganteng, bagaimana Cara Mencari Sinyal Parabola? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterapkan.

Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang

 

Mengetahui bahwa saat ini tidak sedikit orang yang beralih ke dunia satelit, sekarang artikel tentang Cara Mencari Sinyal Parabola mini semakin banyak dicari. Tak heran, dengan kemampuan saluran yang menarik membuat para penggemar TV antusias membeli parabola agar tontonan mereka menarik.

Namun, ada beberapa penjual antena parabola di Semarang yang lupa mengajari cara mencari sinyal, padahal sebagian besar sudah memberikan tutorial melalui manual. Jika Anda masih bingung, Anda bisa melihat caranya di bawah ini.

Receiver

Salah satu alat yang berfungsi sebagai penerima sinyal dan juga menghasilkan gambar dan suara sebenarnya bukan merupakan faktor hilangnya sinyal pada parabola Anda. Namun, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Mungkin ada kesalahan atau bahkan kurangnya kepekaan terhadap sinyal. Jika hal seperti ini terjadi, ada baiknya mencoba memindai ulang satelit. Jika masih belum benar, periksa dulu komponen lainnya.

Kabel dan Juga Switch Diseqc

Selanjutnya, Anda mencabut kabel yang terpasang di bagian belakang receiver dan bahkan TV hingga sakelar LNB. Setelah itu Anda sambungkan kembali dengan cukup kuat dan pastikan kabel tidak goyang. Jika ada kabel yang putus, ganti dengan yang baru.

Biasanya kerusakan terjadi pada saat alat sudah tua atau sudah saatnya diganti dengan yang baru. Bisa terkena hujan, panas matahari atau bahkan udara lembab. Ada perkiraan kerusakan lain, seperti tidak adanya satelit yang mendapat sinyal, artinya diseqc rusak.

Low Noise Block

Biasanya banyak orang akan salah mengira LNB jika LNB rusak, namun hal ini tidak sepenuhnya benar karena telah terjadi kesalahan. Jika ingin memastikan, ada baiknya memeriksa konektor dari karat, yang bisa disebabkan oleh hujan atau bahkan kelembapan. Jika demikian, bersihkan.

Ada cara lain untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes dengan LNB normal. Jika hasilnya nol persen sedangkan bagian kedua memiliki intensitas sinyal, berarti LNB pertama rusak dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Menyetel Parabola

Tujuan pemasangan parabola yang tepat adalah agar pantulan sinyal satelit yang didapat dapat ditangkap dengan sempurna. Mengingat parabola memiliki fungsi yang memantulkan satelit ke titik fokus yang kemudian akan ditangkap oleh LNB. Parabola yang tidak simetris tentunya akan menyebabkan sinyal tidak konvergen.

Jika ada karat atau bahkan debu, kotoran atau apa pun, Anda hanya perlu membersihkannya. Jangan lupa juga untuk memastikan tiang penyangga tegak lurus, agar lebih mudah mengarahkan arah ke satelit dan hasil tracking lebih akurat.

Mengubah posisi parabola

Coba saja putar piringan ke arah yang berlawanan dengan arah aslinya untuk mendapatkan sinyal yang hilang. Jika awalnya tiang fokus bentuk cangkul ini berada di bawah, bisa diubah menjadi menghadap ke atas.

Putar tiang

Cara Mencari Sinyal Parabola terbaru adalah dengan memutar tiang dengan ukuran 180 derajat. Namun saat melakukannya, jangan mengubah pengaturan yang sudah ada di receiver.

Cara positioner

Cara ini memang lebih ringkas daripada menggunakan cara manual. Tetapi untuk melakukannya Anda harus memiliki alat yang disebut positioner. Umumnya alat ini dimiliki oleh teknisi ahli parabola namun tidak menutup kemungkinan bagi pengguna satelit untuk memilikinya. Langkah-langkah untuk menggunakan alat positioner dapat dilihat di bawah ini:

Langkah pertama untuk menggunakan alat ini adalah Anda harus menambahkan frekuensi atau transponder ke receiver terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memasukkan simbol rate dan transponder ke parabola. Langkah kedua adalah memindahkan atau mengubah posisi parabola dengan bantuan aktuator jarak jauh.

Lakukan gerakan-gerakan tersebut dengan hati-hati dan perlahan, jangan lupa pantau perubahan yang terjadi di layar televisi. Jika kondisinya sudah membaik, lakukan pencarian saluran jika belum lengkap, gunakan “Blind Scanning”. Langkah ini berguna untuk membuka saluran tersembunyi. Sehingga semua saluran di kedua satelit dapat muncul dengan mudah.

Periksa Saklar Diseqc

Untuk mendapatkan banyak saluran, biasanya banyak orang mengunci dua hingga tiga satelit dalam satu piringan. Alat yang digunakan dalam pemasangan parabola adalah LNB yang biasa disebut dengan diseqc switch. Jika komponen ini rusak maka akan menyebabkan sinyal hilang.

Jadi, pengecekan LNB sangat diperlukan. Cukup cabut LNB dari sakelar diseqc lalu hubungkan ke kabel ke penerima. Namun, jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru jika hanya satu port yang rusak.

Software Receiver Mengalami Masalah

Apa yang membuat parabola kehilangan sinyalnya adalah kadang-kadang receiver dapat meng-upgrade perangkat lunak secara otomatis menggunakan sinyal satelit. Proses upgrade ini dapat mengalami gangguan seperti padamnya listrik yang tentunya akan menyebabkan receiver tidak mendapat sinyal.

Solusi untuk masalah ini adalah memprogram ulang receiver, ada baiknya juga melakukan reset pabrik. Atau jika Anda masih kurang yakin, Anda bisa mendiskusikannya dengan teknisi/ahli agar mengetahui penjelasannya lebih detail.

Frekuensi Berubah Atau Beralih

Jika Anda melihat antara satu sampai dua saluran yang tidak ada sinyal / tidak ada sinyal. Sementara saluran lain terlihat baik-baik saja atau normal, bisa jadi siarannya telah berpindah atau berubah frekuensinya. Misalnya, Indosiar mengubah frekuensi di nomor lima. Cara memprogram channel TV parabola yang tidak memiliki sinyal seperti ini sederhana saja, lakukan saja blind scan atau jika bisa menambahkan frekuensi baru maka scan secara manual.

Cara Mengatasi Sinyal Parabola Menghilang

Setelah membaca penjelasan sebelumnya bahwa ada beberapa masalah terkait penyebab parabola tidak ada sinyal atau sinyalnya hilang. Mungkin sebagian dari Anda tidak mau repot memperbaikinya. Jika demikian, hubungi teknisi jika Anda tidak yakin.

Tidak yakin dalam arti untuk memperbaikinya sendiri. Dengan teknisi yang tentunya dikenal mahir dalam memecahkan masalah seperti ini, maka parabola akan cepat teratasi dan dapat digunakan kembali dengan baik.

Namun, yang disebut dengan menyewa jasa pekerja seperti itu biasanya dipungut bayaran atau fee sesuai dengan pekerjaannya. Hal ini dilakukan selama bekerja atau untuk memecahkan masalah hilangnya sinyal parabola. Sebelum itu, carilah teknisi atau ahli yang profesional untuk dapat menyelesaikan masalah Anda.

Dengan berbagai penjelasan yang telah dijelaskan pada ulasan di atas mengenai cara mencari parabola di atas, berhati-hatilah atau selalu perhatikan parabola agar tetap bersih dan terawat. Jika ada masalah dengan ini, sinyal akan sulit ditangkap karena hambatan.

Demikian ulasan tentang Cara Mencari Sinyal Parabola Yang Hilang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.