Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

Saat bekerja di kantor umumnya tidak diperkenankan untuk menggunakan HP terus menerus. Oleh karena itulah seringkali kita menghubungkan HP kita dengan laptop atau komputer menggunakan wifi. Nah berikut ini ada beberapa cara menampilkan layar HP ke laptop dengan wifi yang juga bisa kamu gunakan untuk tujuan hiburan atau tujuan lainnya.

Karena setidaknya ada dua jenis smartphone yang digunakan kebanyakan, yakni iOS dan juga Android. Tutorial ini akan diberikan dalam baik untuk perangkat iOS maupun untuk perangkat Android. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan sistem operasi dari smartphone yang kamu miliki. Ini langkah lengkapnya.

1. Cara Menampilkan Layar iPhone ke Laptop dengan wifi untuk iOS atau iPhone

Meskipun tidak memiliki OS yang sama, namun kita tetap dapat menghubungkan iPhone atau iPad kita ke perangkat Windows atau laptop. Hanya saja untuk dapat menampilkan layar HP iPhone ke laptop, kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi tersebut berbayar namun ada juga yang gratis meski dengan fitur terbatas.

Kali ini kita akan mencoba untuk menggunakan aplikasi bernama Mirroring360. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Windows dan juga Mac. Jadi selain kamu bisa menampilkan layar iPhone mu di laptop Windows, kamu juga bisa menampilkan layar iPhone mu di Mac. Berikut langkah dari ganteng.co.id yang bisa kamu ikuti.

 

  • Sebelum memulai cara menampilkan layar HP ke laptop dengan wifi, pastikan perangkat yang akan kita hubungkan terhubung dalam satu jaringan Wifi yang sama
  • Selanjutnya, unduh aplikasi atau program Mirroring360 ke laptop kamu, baik itu Windows maupun Mac
  • Setelah terinstal, buka iPhonemu dan swipe ke atas untuk menemukan menu Mirroring
  • Tap di Screen Mirroring atau AirPlay
  • kemudian akan muncul ke mana kamu akan menampilkan layar, pilih nama laptopmu atau Mac mu
  • Layar HP mu akan tampil di laptop atau Mac
  • Sebagai informasi tambahan, apabila kamu ingin menampilkan layar laptop ke perangkat lain, maka kamu perlu mengunduh program lain yakni Mirroring360 Sender

 

Itulah cara menampilkan layar HP ke laptop untuk pengguna iPhone atau iOS. Selain aplikasi Mirroring360, ada aplikasi lainnya yang bisa kamu pilih. Seperti yang populer adalah DuetDisplay, Apowermirror dan beberapa lainnya. Sayangnya belum ada kabar mengenai cara melakukan mirroring atau menampilkan layar iPhone ke laptop Windows tanpa aplikasi.

Namun apabila nanti sudah ada cara untuk menampilkan layar iPhone ke Windows tanpa aplikasi pihak ketiga, kita pasti akan segera memberikan tutorial lengkapnya. Berbeda dengan Android yang lebih fleksibel untuk menampilkan layarnya ke laptop Windows. Berikut cara menampilkan layar HP ke laptop dengan wifi untuk perangkat Android.

2. Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan wifi untuk Android

Untuk menampilkan layar HP Android ke laptop terbilang lebih mudah. Pasalnya kamu memiliki dua cara yakni dengan menggunakan aplikasi atau program pihak ketiga seperti pada iPhone diatas dan yang satunya adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang ada pada Windows 10. Berikut langkahnya yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: Cara menghilangkan garis di excel

Dengan Aplikasi

Untuk perangkat Android, kita bisa menggunakan program atau aplikasi pihak ketiga bernama Screen Mirror. Hal ini dapat dilakukan di smartphone Android kamu apabila smartphone mu sudah mendukung fitur Wireless Display. Selain itu caranya juga tergolong lebih mudah. Berikut langkah untuk menggunakan aplikasi ini.

  1. Untuk smartphone, unduh aplikasi ScreenMirror di Playstore
  2. Selanjutnya, nyalakan tethering smartphone kamu
  3. Hubungkan laptop ke smartphone kamu melalui jaringan tethering, pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung dalam jaringan tethering smartphone mu.
  4. Selanjutnya, kunjungi situs http://www.screenmirrorapp.com dan kamu akan melihat QR Code di situs tersebut
  5. Buka aplikasi ScreenMirror yang ada di smartphone, kemudian scan QR code yang tampak di layar laptop kamu
  6. Tunggu hingga proses selesai, maka layar smartphone kamu akan tampak di laptop dan kamu bisa menjalankan smartphone dari laptop.

 

"Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Pertama, buka menu Setting di laptop kemudian masuk ke menu Syste

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Selanjutnya dalam tab System kamu akan melihat banyak menu, pilih opsi Display

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Selanjutnya, pilih Connect to a wireless display, selanjutnya akan muncul Windows khusus yang akan menunggu sambungan dari smartphonemu. Apabila laptopmu belum menggunakan Windows 10 terbaru, maka menu ini tidak akan muncul.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Selanjutnya buka smartphonemu yang sudah mendukung wireless display
  • Buka menu Wireless Display, nantinya akan muncul halaman yang menampilkan perangkat atau device yang tersedia untuk menjadi layar tambahan
  • Pilih laptop yang sudah kamu siapkan

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Selanjutnya cek laptopmu, apabila koneksi sudah terhubung dengan baik, pilih Yes

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

  • Tunggu beberapa saat, akan muncul Windows baru yang akan menampilkan layar smartphonemu di laptop.
  • Cara menampilkan layar HP di laptop dengan wifi selesai.

Bagaimana? Mudah bukan langkahnya? Cara ini bisa sangat bermanfaat bila kamu sedang berada di kantor dan tidak memungkinkan untuk selalu memegang smartphone mu setiap saat. Dengan demikian kamu bisa mengontrol dua perangkat sekaligus yakni laptop dan juga smartphonemu. Selain fungsi tersebut, kamu juga bisa menyaksikan media dengan layar yang lebih luas.

Baca juga: Cara merubah format tanggal di excel

Pemanfaatan lain cara menampilkan layar HP ke laptop dengan wifi lainnya adalah bisa menjadikan smartphonemu sebagai kamera saat video call atau meeting online sedangkan kamu bisa menyaksikan lawan bicara di layar laptop. Ini sangat bermanfaat terutama bila kamera laptopmu kurang baik kualitasnya dan meeting online dengan layar lebih besar.

Hanya saja fungsi menampilkan layar HP ke laptop untuk tujuan kamu dapat memainkan game di layar yang lebih besar lebih terbatas. Untuk game sederhana mungkin tidak akan menjadi masalah, namun untuk game yang lebih rumit dan kompleks akan bermasalah baik di kontrol maupun tampilannya. Semoga artikel cara menampilkan layar HP ke laptop dengan wifi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.