Cara Menambahkan Presets Lightroom Ke Android

Cara Menambahkan Presets Lightroom Ke Android

Seperti yang kita ketahui bersama, Adobe Lightroom merupakan software yang biasa digunakan untuk mengedit foto. Nah, kini Lightroom sudah bisa digunakan di perangkat Android menggunakan aplikasi. Untuk Cara Menambahkan Lightroom Preset Android sendiri cukup mudah.

Menggunakan preset lightroom akan membuat hasil foto menjadi lebih dramatis, bahkan tidak kalah dengan kamera DSLR. Selama pengguna dapat menemukan campuran preset yang bagus, itu pasti akan membuat hasilnya lebih baik.

Dengan hadirnya Lightroom versi mobile akan memudahkan kita dalam menggunakan editing. Hebatnya lagi untuk versi mobil hasilnya tidak akan kalah dengan versi software sekalipun. Tinggal nanti saja keterampilan mengedit pengguna harus lebih baik untuk bisa menghasilkan foto yang menakjubkan. Seperti yang kita ketahui, menggunakan Lightroom Presets akan membuat foto menjadi lebih dramatis.

Baca juga: Cara download status whatsapp

Ada banyak Preset Lightroom yang bisa kamu gunakan untuk membuat fotomu terlihat lebih keren. Proses pemasangan lightroom sendiri semudah “Cara menyimpan foto dari Pinterest ke galeri” dengan beberapa langkah sederhana. Di sini kami akan menjelaskan Cara Menambahkan Presets Lightroom ke Android itu sendiri, yang sangat mudah.

Penjelasan Menggunakan Preset Lightroom

Cara Menambahkan Presets Lightroom Ke Android

Terkadang ada masalah saat menginstal dan mengimpor preset, berikut adalah daftar pertanyaan terkait penggunaan preset Lightroom.

Jika Filenya Berbentuk Rar Atau Zip

Anda tidak dapat memasukkan file preset yang memiliki keberadaan rar atau zip. Untuk membuka dan menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mengonversinya ke format xmp atau dng.

Bisakah Saya Mengimpor Banyak File?

Anda mungkin merasa lelah karena harus membuka dan menginstal file preset satu per satu. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat langsung mengimpor dan menginstal file preset sekaligus. Namun pastikan untuk tidak menggunakannya secara bersamaan agar aplikasinya tidak berat

Preset Yang Tidak Dapat Dibaca

Terkadang setelah download preset lightroom selesai, ada file preset yang tidak bisa dibaca meskipun sudah dipindahkan. Jika ini terjadi, Anda dapat memutakhirkan aplikasi terlebih dahulu. Jika tidak berhasil juga, coba masuk ke menu User Presets, kemungkinan file Anda ada di sana.

1. Cara Menambahkan Preset Lightroom Menggunakan Aplikasi

Bagi Anda yang masih pemula, masing-masing mungkin cukup bingung menggunakan preset Lightroom Android. Padahal caranya sebenarnya sangat mudah karena hanya membutuhkan beberapa langkah mudah saja. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang Cara Menambahkan Preset Lightroom Android. Untuk menginstal preset lightroom Anda sendiri, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan atau sejenisnya.

Baca juga: Cara melihat foto yang di private di hp

Buka Aplikasi Lightroom

Silahkan buka aplikasi lightroom, pastikan juga anda sudah memiliki file atau preset yang akan digunakan. Maka setelah itu preset yang akan digunakan ini disimpan dalam folder yang mudah diketahui. Buka aplikasi lightroom di hp android kamu. Pastikan Anda sudah memiliki akun dan pergi ke halaman awal aplikasi.

Pilih foto yang akan digunakan

Kemudian pilih foto yang akan digunakan dengan cara tap menu all photos. Anda bisa mendapatkan menu semua foto Anda sendiri di halaman awal aplikasi Adobe Lightroom. Kemudian Anda juga dapat memilih foto yang ada di semua folder ponsel android Anda. Pastikan memilih foto dengan kualitas gambar yang tinggi agar hasil dari lightroom bisa lebih maksimal.

Pilih Menu Preset

Jika Anda telah memilih foto mana yang akan Anda gunakan untuk preset. Selanjutnya silahkan pilih menu preset yang ada di bawah, jika tidak menemukannya silahkan scroll ke kanan. Selanjutnya Anda akan menemukan menu yang berisi banyak pengaturan. Silahkan pilih menu Preset untuk dapat mengaplikasikannya.

Klik ikon Tiga Titik

Langkah selanjutnya adalah klik ikon tiga titik di kanan atas. Anda dapat mencoba langkah ini di ponsel Android Anda dengan mengklik ikon tiga titik. Pastikan juga Anda menggunakan aplikasi versi terbaru agar dapat mengikuti langkah-langkah ini dengan benar. Klik ikon tiga titik untuk dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Pilih Impor Preset

Jika sudah, silahkan pilih menu Import Preset setelah tap ikon tiga titik sebelumnya. Menu prasetel impor ada di bagian bawah menu dalam ikon tiga titik. Setelah menekan menu ini Anda akan dihadapkan pada pilihan menu preset yang akan digunakan. Silahkan pilih menu preset yang kemudian akan memilih folder preset tempat anda menyimpan tadi.

Pilih Preset yang akan digunakan

Langkah selanjutnya Anda bisa memilih preset mana yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda sudah memiliki preset yang akan digunakan untuk mengedit foto. Pastikan kembali bahwa preset yang akan Anda gunakan sudah sesuai dengan keinginan pengguna. Jika Anda bingung dengan banyak pilihan, maka Anda harus membuat folder dengan judul yang sesuai dengan preset.

Tunggu Sampai Impor Selesai

Kemudian aplikasi akan langsung mengimpor data pada aplikasi. Harap tunggu aplikasi berhasil boot setelah impor. Jika sudah, Anda bisa mengetikkan ikon simpan di pojok kanan atas aplikasi. Maka secara otomatis hasil editan gambar atau foto tersebut akan otomatis tersimpan di hp android anda dalam folder galeri.

2. Format .dng

lalu bagaimana dengan bentuk yang paling terbalik .dng?

  • Pertama, pilih foto yang ingin diedit, lalu klik menu di pojok kanan atas
  • Setelah itu klik dan pilih file .dng yang diinginkan yang Anda inginkan
  • Setelah selesai, Anda dapat langsung mencari di mana Anda meletakkan file di preset lightroom sebelumnya. Anda bisa langsung klik pilih dan klik “copy setting”
  • Jika sudah, lalu klik “paste setting” maka presetnya langsung masuk dan di copy di foto.

3. Menambahkan Preset Lightroom Secara Manual

Jika Anda ingin menambahkan preset di lightroom secara manual. Sebenarnya Anda bisa membuatnya secara langsung. Karena cukup banyak orang yang ingin mendalami minat atau keahliannya dalam mengedit foto. Namun, mengedit secara manual membutuhkan pemahaman tentang pengeditan foto. Dengan membuat preset langsung.

Kreator harus memahami perbedaan antara Saturasi, rona, dan istilah lainnya. Sehingga saat foto tersebut diedit terlihat lebih estetis dan juga bagus. Cara Menambahkan Preset Lightroom sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi jika Anda menggunakan ponsel Android, hanya saja pengaturan antara ponsel Android dan sistem iOS sedikit berbeda.

Setelah proses selesai, Anda juga bisa melakukan proses editing menggunakan berbagai preset lainnya. Dimana cara yang satu ini bisa kamu terapkan dengan memiliki menu preset yang sudah di import di bagian bawah foto.

Nanti, sesuaikan saja untuk menggunakan preset mana yang diimpor secara default. Gambar yang akan disimpan secara otomatis akan masuk ke folder galeri smartphone Anda. Lightroom Android sendiri sedang populer belakangan ini, dimana banyak pecinta fotografi kamera menggunakan cara ini untuk meningkatkan hasil jepretan kameranya.

Demikiann ulasan ganteng tentang Cara Menambahkan Presets Lightroom Ke Android semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.