Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G Terbaru

cara memperkuat sinyal telkomsel 4g

Sinyal adalah salah satu faktor penting agar smartphone tetap terhubung dengan jaringan data. Koneksi yang lemah dan tidak stabil pasti akan membuat Anda kesal, terutama pada saat Anda berada di tempat yang sulit mendapatkan sinyal. Salah satu langkah terbaik adalah dengan Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G.

Telkomsel merupakan salah satu provider besar yang sinyalnya sangat kuat meskipun Anda berada di pedesaan. Namun untuk daerah tertentu memang sinyal telkomsel sangat sedikit dan seringkali sangat sulit digunakan untuk berkomunikasi walaupun hanya sekedar berkirim pesan. Hal ini tentu saja membuat Anda bingung karena bisa ketinggalan banyak informasi dan membuat pekerjaan terkendala. Oleh karena itu, ketahui tutorial Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G Terbaru di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G Pasti Berhasil

Bagi Anda yang menggunakan provider telkomsel dan sinyalnya cenderung lambat untuk mengakses internet dan melakukan berbagai hal yang menyangkut jaringan, maka sudah saatnya mencoba memperkuat sinyal. Anda dapat memilih salah satu yang dianggap paling mudah dan paling sukses di setiap lokasi.

1. Mulai Ulang Perangkat

Cara termudah dan tercepat untuk memperkuat sinyal 4G Telkomsel pertama adalah dengan me-restart ponsel/smartone. Cara ini memang cukup efektif dalam mengatasi berbagai masalah yang ada pada ponsel Anda, termasuk sinyal provider yang buruk. Bisa jadi sinyalnya semakin buruk karena kinerja HP ​​yang terlalu lelah sehingga perlu direstart.

Cukup matikan perangkat Anda yang memiliki provider Telkomsel di dalamnya dengan menekan tombol power hingga perangkat mati dengan sendirinya. Setelah itu, setelah beberapa saat, hidupkan kembali perangkat dan coba apakah sinyal Telkomsel semakin kuat atau tidak. Jika ya, maka cara ini berhasil dan jika tidak, silakan coba cara lain.

2. Mengeluarkan Kartu Sim

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G selanjutnya adalah dengan mengeluarkan kartu SIM. Ini sebenarnya hampir sama dengan memulai ulang perangkat Anda. Namun, di sini perangkat akan tetap menyala dan hanya kartu SIM Telkomsel yang akan dikeluarkan. Biasanya, sinyal yang buruk disebabkan oleh pemasangan kartu yang tidak tepat atau fungsi kartu terganggu karena kotoran di slot kartu perangkat.

Oleh karena itu, keluarkan kartu SIM Telkomsel dan bersihkan baik kartu maupun slot pemasangan kartu. Setelah semuanya bersih, letakkan kembali kartu pada posisi yang baik dan benar. Gunakan perangkat untuk melakukan aktivitas yang menggunakan internet sehingga Anda tahu apakah sinyalnya membaik atau tidak.

3. Mulai Ulang Data Seluler

Saat merasa sinyal Telkomsel semakin buruk, segera matikan data seluler terlebih dahulu. Setelah beberapa saat, hidupkan kembali data. Ini berfungsi untuk membuat perangkat memperbaiki kembali data seluler yang terpasang di sana. Cara ini terbukti cukup berhasil dan juga sangat mudah dilakukan. Anda juga dapat mengaktifkan mode pesawat selama beberapa waktu selain menghidupkan dan menghidupkan kembali data seluler di perangkat.

4. Meningkatkan Ke Jaringan 4G

Sulitnya sinyal Telkomsel terpasang di perangkat Anda bisa jadi karena kartu atau perangkat tidak mendukung layanan 4G. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kartu yang Anda gunakan sudah sangat tua, bahkan lebih dari 10 tahun. Pun dengan perangkat atau ponsel, jika ponsel tergolong produk lama, belum mendukung layanan 4G.

Baca juga: cara mengunci jaringan 4G samsung

Untuk upgrade kartu ke layanan 4G, cukup datang ke outlet Telkomsel dan Anda akan mendapatkan kartu baru yang mendukung layanan 4G. Untuk mengupgrade perangkat/HP kamu harus membeli HP baru, dimana HP saat ini mendukung layanan secara keseluruhan dan bahkan ada yang mendukung layanan 5G.

5. Manfaatkan Aluminium Foil

Aluminium foil diyakini mampu memperkuat sinyal seluler oleh masyarakat selama ini. Anda dapat membuat objek antena yang dilapisi aluminium foil untuk memperkuat sinyal dengan cara berikut:

  • Siapkan silet, aluminium foil, dan juga magnet.
  • Silakan pasang magnet dengan silet dan gosok kedua benda tersebut maju mundur atau beberapa saat.
  • Untuk mengetahui apakah pisau cukur sudah menjadi magnet atau tidak, silahkan cek dengan menempelkan besi kecil pada pisau cukur. Jika besi menempel maka pisau cukur sudah menjadi magnet dan jika belum silahkan ulangi kegiatan menggosok pisau cukur menggunakan magnet.
  • Kemudian, bungkus pisau cukur yang sudah menjadi magnet dengan rapat menggunakan aluminium foil.
  • Lakukan pembungkus ini dengan hati-hati agar tidak melukai tangan Anda.
  • Terakhir, letakkan pisau cukur yang sudah dibungkus aluminium foil di bagian belakang ponsel dan lihat apakah cara ini berhasil memperkuat sinyal Telkomsel atau tidak.

6. Mendekatkan Ponsel Dengan Kaca Dan Keramik

Selain menggunakan antena silet yang dilapisi aluminium foil untuk memperkuat sinyal, Anda juga bisa menggunakan Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G dengan mendekatkan ponsel/perangkat Anda ke kaca atau benda berbahan keramik. Metode ini telah terbukti memperkuat sinyal dengan baik menurut banyak pengguna.

Saat sinyal terputus-putus, misalnya saat bermain game online atau di telepon menggunakan WhatsApp, Anda sangat disarankan untuk mendekati keramik dan benda-benda yang terbuat dari kaca seperti botol dan gelas. Apakah Anda bertanya-tanya apakah metode ini berfungsi untuk memperkuat sinyal? Coba saja di rumah saat sinyal buruk dan terputus-putus.

7. Pindah Lokasi

Jika cara-cara tersebut di atas sudah dilakukan dan belum berhasil memperkuat sinyal Telkomsel Anda, maka Anda bisa berpindah lokasi untuk mencari jaringan sinyal yang lebih kuat. Jika Anda berada di daerah pedalaman, pindahlah ke lokasi yang lebih strategis dan dekat dengan pusat keramaian yang banyak terdapat menara penangkap sinyal.

Baca juga: Cara membuat foto aesthetic

Selain itu, kamu juga bisa pindah ke tempat yang lebih tinggi karena ini memungkinkan sinyal lebih mudah masuk ke ponsel/perangkat yang sedang digunakan. Pindah lokasi adalah salah satu alternatif terbaik untuk memperkuat sinyal. Pastikan juga lokasi yang dipilih adalah tempat yang aman dan nyaman selama Anda melakukan aktivitas menggunakan sinyal Telkomsel.

8. Menghubungi Layanan Pelanggan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan ketika semuanya sudah dicoba dan tidak berhasil memperkuat sinyal adalah dengan menghubungi customer service. Bisa jadi ada masalah dengan jaringan utama Telkomsel atau ada masalah lain dengan provider.

Dengan menghubungi layanan pelanggan, semua penyebab sinyal buruk akan menjadi jelas. Telkomsel akan membantu menyelesaikan masalah Anda dan jika terjadi gangguan di pusat, Anda harus bersabar terlebih dahulu karena perbaikan tidak dapat dilakukan secara mandiri dan harus dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Itulah berbagai Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G yang sangat mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah, dan pasti manjur. Jangan panik ketika sinyal tiba-tiba menghilang karena Anda dapat memperkuatnya sendiri dengan cepat tanpa bantuan orang lain. Lakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan langkah-langkah yang disarankan agar sinyal benar-benar muncul dengan baik dan tetap kuat di manapun Anda berada.

Demikian ulasan web ganteng tentang Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 4G Terbaru semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.