Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

aplikasi ke kartu sd
Photo by Denise Jans on Unsplash

Jika anda pernah mengalami “Memori penyimpanan penuh” ketika ingin mengunduh suatu aplikasi maupun baru saja memasukkan beberapa foto ke ponsel anda, maka anda bisa menggunakan kartu sd untuk memindahkan aplikasi ke kartu sd.

Cara ini dapat membantu anda mengurangi penyimpanan pada memori internal ponsel dengan cara memindahkan aplikasi ke kartu sd

Dasar Menggunakan Kartu SD Pada Perangkat Android

aplikasi ke kartu sd
Photo by Philipp Katzenberger on Unsplash

Sebelum Anda memulai, pertimbangkan beberapa poin.

Kartu memori lebih lambat dari penyimpanan internal, jadi Anda mungkin melihat kinerja yang sedikit lebih buruk untuk aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya.

Saat memilih kartu, pilih kartu memori tercepat dengan kapasitas terbesar yang dapat didukung ponsel Anda—periksa spesifikasi ponsel Anda untuk melihat kartu apa yang kompatibel dengannya.

Juga, pastikan Anda tahu cara menemukan kartu microSD palsu untuk menghindari penipuan.

Tidak mungkin memindahkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya tanpa rooting, dan bahkan beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak mendukungnya.

Selain itu, pada versi Android yang lebih lama, Anda mungkin tidak dapat menggunakan widget yang terkait dengan aplikasi yang telah Anda pindahkan ke kartu memori.

Dengan mengingat semua ini, mari kita lihat cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Gunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Android Marshmallow memperkenalkan perubahan pada cara ponsel Android dapat menangani kartu memori, dan perubahan ini berlanjut ke versi Android yang lebih baru.

Anda sekarang dapat mengatur kartu microSD agar berfungsi sebagai penyimpanan internal. Alih-alih memiliki penyimpanan internal dan eksternal yang ada sebagai ruang terpisah, Android melihat kartu sebagai perpanjangan dari ruang bawaan Anda.

Data dan aplikasi dapat menulis sesuai kebutuhan, dan semuanya terjadi dengan mulus. Akibatnya, Anda tidak perlu khawatir tentang di mana aplikasi Anda disimpan.

Anda harus mengatur ini terlebih dahulu. Kartu Anda akan dihapus dalam prosesnya, jadi pastikan Anda telah mencadangkan semua data yang Anda butuhkan:

  • Masukkan kartu ke dalam telepon Anda. Saat notifikasi Kartu SD Baru muncul, ketuk Atur.
  • Selanjutnya, Anda harus memilih bagaimana ponsel Anda harus menggunakan kartu tersebut.
  • Pilih Penyimpanan Telepon di Android 9, atau Gunakan sebagai Penyimpanan Internal pada versi yang lebih lama. Atau, buka Pengaturan > Penyimpanan, pilih kartu, ketuk tombol menu, dan pilih Pengaturan Penyimpanan. Ketuk Format sebagai internal.
  • Pada layar berikutnya, ketuk Format Kartu SD, atau Hapus & Format. Ini akan menghapus kartu Anda.
  • Di Android 9 dan yang lebih baru, Anda ditawarkan kesempatan untuk memindahkan konten Anda—termasuk aplikasi—ke dalam kartu. Ini juga menunjukkan berapa banyak ruang yang akan Anda hemat.
  • Tekan Pindahkan konten untuk menyelesaikan.

Fitur ini disebut Adoptable Storage, dan mengharuskan Anda menyimpan kartu di ponsel secara permanen. Kartu juga dienkripsi, sehingga Anda tidak dapat meletakkannya di perangkat lain untuk menyalin data.

Kelemahan besar dari penyimpanan yang dapat diadopsi adalah bahwa semua ponsel Android berbeda, sehingga beberapa produsen memilih untuk tidak menawarkannya di perangkat mereka. Jika tidak memilikinya, Anda harus memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android

Cara terbaik untuk mentransfer aplikasi ke kartu SD Anda bergantung pada versi Android yang Anda gunakan, apakah pabrikan ponsel Anda telah menerapkan semua fitur, dan aplikasi apa yang ingin Anda pindahkan.

Singkatnya:

  • Pada ponsel yang mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi, itulah pilihan terbaik. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengelola kartu Anda secara manual.
  • Untuk ponsel yang hanya mendukung pemindahan aplikasi ke kartu secara manual, metode itu adalah yang terbaik dan terbersih.
  • Jika ponsel Anda tidak mendukung semua ini, atau jika Anda memiliki persyaratan khusus, pertimbangkan untuk melakukan rooting dan menggunakan Link2SD.
  • Jangan abaikan kerugian sesekali menggunakan kartu SD di Android.
  • Jika aplikasi Anda menggunakan terlalu banyak ruang, solusi bagus lainnya adalah menggunakan versi Lite dari aplikasi populer. Tidak hanya lebih kecil dan memakan lebih sedikit ruang, tetapi juga berjalan lebih cepat pada ponsel yang lebih tua atau kurang bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.