Cara Membuat Tombol Print di Excel dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Tombol Print di Excel

Ketika ingin mengirim laporan dari Excel dalam bentuk hard copy atau dicetak kertas, maka harus terlebih dahulu melalui proses cetak atau print pada Excel. Terdapat cara membuat tombol print di Excel dengan mudah untuk pemula dalam membantu pekerjaan lebih cepat.

Microsoft Excel bermanfaat untuk memberikan kemudahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan di banyak bidang, terdapat formula Excel yang dapat melakukan perhitungan lebih mudah dibandingkan kalkulator, serta data dapat disimpan atau dicetak.

Pada saat ini Microsoft Excel tidak hanya bisa digunakan di perangkat komputer, juga bisa diakses melalui smartphone, sehingga dapat memudahkan pengguna membuat laporan di mana saja ketika diperlukan. Menarik bukan? Lalu, apa kelebihan Excel?

Salah satu kelebihan Excel dapat mengatur data dengan rapi dan terorganisir, yang kemudian data tersebut dapat dicetak atau di print dalam bentuk kertas. Termasuk cara membuat tombol print di Excel dengan mudah, untuk mempermudah saat akan cetak dokumen.

Sebenarnya cara mencetak atau print dokumen di Excel bisa dengan mengakses menu print atau dengan kombinasi tombol seperti CTRL + P, namun dengan adanya tombol print di lembar kerja Excel semakin mempercepat proses mencetak dokumen.

Cara membuat tombol print di Excel menurut web ganteng memerlukan rumus yang dibuat dengan bantuan fitur Macro, dengan tombol print ini berada di lembar kerja Excel sehingga bisa langsung mencetak dokumen tanpa muncul windows print lagi, proses print tentunya jauh lebih cepat.

Baca juga: Cara menghilangkan garis di excel

Lantas, bagaimana cara membuat tombol print di lembar kerja Excel? Caranya mudah karena semua dilakukan pada aplikasi Excel tersebut tanpa bantuan aplikasi apapun. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya, mari simak penjelasannya dibawah ini hingga tuntas.

Cara Membuat Tombol Cetak di Excel

Membuat tombol print di lembar kerja Excel dapat memudahkan untuk mencetak dokumen dengan cepat, anda tidak perlu mengakses menu print yang memunculkan window print. Hanya dengan satu kali klik, lembar kerja Excel bisa langsung tercetak.

Adapun cara membuat tombol print adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Excel, pastikan laporan yang dibuat sudah benar, sehingga tinggal cetak saja
  2. Selanjutnya membuat tombol cetak dari Shape, from control atau bisa berupa gambar ikon printer, lalu letakan di lembar kerja Excel. Caranya klik menu Insert, pilih menu Shape dan pilih ikon Rectangle : Rounded Corners
  3. Memasukan script kode ke tombol cetak dengan membuka macro excel, caranya dengan menekan tombol Alt + F11
  4. Maka muncul halaman Microsoft Visual Basic, kemudian klik menu Insert dan pilih module. Masukan kode berikut:

Sub Cetak ()

ActiveSheet.PrintOut

End Sub

5. Kemudian klik Save atau simpan macro yang sudah dimasukan script kode cetak atau print

 

Cara Membuat Tombol Print di Excel

Itulah cara membuat tombol pada lembar kerja Excel melalui fitur Macro dan Excel VBA, bagi pemula mungkin masih bingung dari mana kode script Excel VBA berasal. Namun dengan sering membaca tentang tutorial Excel maka akan lebih mudah memahaminya.

Demikian penjelasan cara membuat tombol print di Excel dengan macro berisikan kode script print agar tombol cetak dapat berfungsi pada lembar kerja Excel. Selanjutnya anda hanya perlu mengaktifkan tombol cetak tersebut dengan cara seperti dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Tombol Print di Excel

Setelah membuat tombol cetak dan memasukan kode script print, maka agar tombol cetak tersebut dapat berfungsi ketika di klik, anda harus terlebih dahulu mengaktifkannya. Caranya sebagai berikut:

  1. Pada lembar kerja Excel yang sudah dibuat tombol cetaknya, klik kanan pada tombol cetak tersebut, lalu pilih Assign Macro
  2. Muncul jendela Assign Macro, pilih menu Cetak dan klik OK
  3. Terakhir anda simpan kembali dokumen Excel dengan tipe file Excel Macro – Enable Workbook
  4. Tutup lembar kerja Excel yang sudah disimpan tersebut, lalu buka kembali file Excel Macro tersebut
  5. Anda tinggal coba tombol print yang sudah dibuat sebelumnya

Cara Membuat Tombol Print di Excel

 

Cara membuat tombol print di Excel ternyata mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah pengerjaan saja, hingga tombol cetak tersebut bisa difungsikan dengan mengaktifkan Macro. Kini proses cetak dokumen Excel bisa lebih cepat.

Dengan memasukan kode script pada Excel VBA untuk mengaktifkan tombol print tidak perlu membuka aplikasi pihak ketiga, karena dalam Microsoft Excel sudah ada lembar kerja yang khusus untuk membuat fungsi tertentu melalui VBA  Excel.

Anda hanya perlu menuliskan kode script saja, kemudian mengaktifkan tombol print yang dibuat agar dapat berfungsi. Inilah cara membuat tombol print di Excel yang dapat dijalankan di dalam lembar kerja, lebih cepat dan otomatis mencetak dokumen.

Tips Cetak Dokumen di Excel Lebih Rapi

Bagi pemula yang baru belajar membuat dokumen di Excel, perlu mengetahui cara mencetak dokumen dengan rapi agar tidak terpotong. Kemudian bisa langsung cetak dokumen melalui tombol print yang sudah dibuat dengan cara seperti dijelaskan diatas.

Baca juga: Cara mengubah format tanggal di excel

Hal pertama yang harus dilakukan dengan mengatur ukuran kertas melalui menu Page Layout dengan klik Size, anda bisa memilih ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan sebelum mencetaknya menjadi lembaran kertas, seperti misalnya A4, A5, F4 dan lain sebagainya.

Setelah ukuran kertas disesuaikan dengan kebutuhan, selanjutnya lakukan tinjauan dokumen yang akan dicetak melalui print preview. Anda bisa melihat dokumen yang akan dicetak apakah sudah sesuai ukurannya atau belum, apabila sesuai bisa lanjut cetak.

Untuk proses cetak bisa gunakan tombol print yang mana cara membuat tombol print di Excel dengan mudah sudah dijelaskan sebelumnya diatas, atau sebagai alternatif lainnya bisa gunakan kombinasi tombol Ctrl + P untuk proses cetak dokumen.

Mengapa harus membuat tombol cetak di lembar kerja Excel? Tujuannya agar lebih memudahkan ketika akan mencetak dokumen Excel, tinggal klik tombol cetak tersebut tanpa perlu harus masuk ke menu window print, sehingga lebih cepat dan efisien.

Kesimpulan

Membuat tombol print di Excel membutuhkan kode script yang dibuat pada halaman Excel VBA, agar tombol yang dibuat pada lembar kerja Excel bisa digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Meskipun ada alternatif lain untuk mencetak dokumen di Excel

Pada dasarnya untuk mencetak dokumen di Excel cukup dengan menekan kombinasi tombol di keyboard yaitu Ctrl + P, atau bisa melalui menu print. Namun dengan tombol print di lembar kerja Excel membuat cetak dokumen lebih cepat dan otomatis.

Cara membuat tombol print di Excel cukup mudah tanpa harus membuka aplikasi pihak ketiga, cukup gunakan fungsi Macro dan Excel VBA yang sudah tersedia pada Excel. Anda hanya perlu mengerti cara membuat kode script saja untuk membuat tombol jadi berfungsi.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuat tombol cetak dokumen di lembar kerja Excel, dengan tombol tersebut membuat proses cetak menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.