Cara Membuat Foto Aesthetic Yang Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Foto Aesthetic

Cara mengambil foto estetis sebenarnya tidak terlalu sulit meski menggunakan ponsel. Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak orang yang menginginkan foto estetis untuk dibagikan di umpan media sosial. Estetika itu sendiri adalah seperangkat prinsip yang membuat sebuah foto menjadi lebih indah.

Meski Anda tidak memiliki kamera DSLR yang canggih, bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan foto yang estetis. Jika Anda mengetahui cara pengambilan foto yang tepat, maka kamera ponsel Anda juga akan menghasilkan foto yang estetis. Kebanyakan orang saat ini enggan untuk mendalami lebih dalam mengenai kamera di ponselnya. Dengan kata lain, mereka hanya menggunakan suatu model default saja.

Akhirnya, gambar yang dibuat sangat standar dan bahkan tidak estetis seperti kebanyakan orang. Padahal, jika kita mengikuti metode foto Aethetic menggunakan kamera ponsel dengan benar, dijamin hasil foto akan terlihat profesional. Apalagi bagi Anda yang memiliki hobi traveling, cara ini tentunya akan sangat bermanfaat. Nah untuk lebih jelasnya simak tutorial Cara Membuat Foto Aesthetic Yang Mudah Untuk Pemula.

Cara Membuat Foto Aesthetic Yang Mudah Untuk Pemula

Tentukan Objek Fokus

Cara Membuat Foto Aesthetic yang pertama adalah menentukan dan memastikan objek fokus. Karena tentunya semua ponsel dilengkapi dengan fitur yang bisa mengatur fokus dan exposure. Cara ini bisa dimulai dengan menjaga objek tetap fokus agar tidak kabur. Anda hanya perlu mengklik layar ponsel dan lensa akan secara otomatis menangkap titik fokus objek yang dipilih. Cara ini cukup sederhana, namun sering dilupakan.

Baca juga: Cara membuat bootable flashdisk

Angle Yang Tepat

Kunci dari foto yang keren adalah angle foto yang tepat. Pada tahap ini kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih angle mana yang sesuai, karena setiap angle bisa menghasilkan cerita yang berbeda. Salah satu metode foto estetik sudut yang sering digunakan hingga saat ini adalah fotografi perspektif. Teknik ini akan membuat perubahan bentuk, ukuran, dan depth of field karena perbedaan sudut pandang pada objek dan kamera.

Aktifkan Grid

Cara Membuat Foto Aesthetic selanjutnya saat menggunakan ponsel adalah dengan mengaktifkan grid pada layar. Grid adalah garis panduan pada layar yang akan memudahkan Anda untuk membagi posisi setiap objek di dalam kamera. Biasanya posisi ideal benda harus berada di titik perpotongan garis bantu atau di tengah. Jika posisinya berada di tengah, Anda tidak perlu khawatir jika foto yang dihasilkan akan miring.

Misalnya, Anda dapat membuat objek terlihat lebih jauh, lebih besar, lebih kecil, lebih dekat, dan sebagainya. Untuk mencari angle yang pas, kamu bisa bereksperimen dengan HP kamu sendiri. Foto objek dari berbagai sudut. Jika Anda berada di area yang luas, Anda bisa mencoba mengambil foto dengan angle yang lebih rendah. Bagi Anda yang ingin mengambil foto pemandangan yang estetis, disarankan menggunakan ponsel dengan kamera wide-angle.

Sesuaikan Cahaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas pencahayaan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan selain hal-hal di atas. Karena dengan pencahayaan yang tepat akan menghasilkan foto yang terlihat lebih jernih dan tentunya estetis. Anda dapat menggunakan sinar matahari sebagai cahaya alami. Biasanya, waktu yang tepat untuk mendapatkan bidikan estetis adalah pada pagi atau sore hari.

Manfaatkan Properti

Cara Membuat Foto Aesthetic selanjutnya adalah dengan memanfaatkan properti yang ada di area sekitar pemotretan atau di rumah. Misalnya dengan outfit yang kamu pakai, atau jam tangan yang kamu pakai, sepatu, tas, kacamata, atau aksesoris lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menata di tempat tidur. Namun, warna sprei harus selaras dengan outfit yang akan digunakan sebagai aksesoris.

Atur Shutter Speed

Untuk mendapatkan foto yang estetis, Anda harus mengatur kecepatan rana pada kamera. Karena ini sangat berguna jika Anda ingin memotret dengan cahaya yang diserap kamera. Cara mengaturnya di kamera sangat mudah. Jika kamera bawaan ponsel tidak memiliki pengaturan ini, maka gunakan bantuan aplikasi yang tersedia di toko aplikasi.

Baca juga: Tutorial cara masuk FYP Tiktok

Gunakan Tripod

Cara Membuat Foto Aesthetic ini memang terdengar cukup rumit. Namun, foto yang dihasilkan menggunakan tripod tampak lebih stabil. Penggunaan tripod akan mencegah goyang yang berpotensi membuat foto tampak buram. Dengan menggunakan tripod ini, Anda akan lebih mudah mengatur fokus gambar. Bahkan, tripod juga sangat efektif untuk memotret dengan kecepatan lambat di kondisi minim cahaya, lho!

Gunakan Filter

Tepat Kesalahan yang sering dialami kebanyakan orang adalah penggunaan filter yang sangat berlebihan. Perlu diingat bahwa tujuan utama Anda bukan hanya untuk menghias, tetapi untuk memperkuat kesan foto agar terlihat lebih estetis. Anda harus menggunakan aplikasi yang tepat untuk mengatur dan memanfaatkan crop, contrast, vignette, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan over-filter.

Edit Sebelum Di Unggah

Cara Membuat Foto Aesthetic ini cukup penting untuk diterapkan agar hasil foto menjadi lebih keren. Jadi, pastikan gambar yang akan Anda unggah ke media sosial adalah foto terbaik yang telah diedit sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang sudah tersedia di app store karena sudah memiliki fitur editing yang cukup menarik.

Selain itu, Anda juga bisa memilih aplikasi edit foto yang sudah terbukti menghasilkan foto terbaik. Sebaiknya pilih aplikasi yang praktis atau sudah dikuasai agar tidak kesulitan saat mengedit. Misalnya menggunakan aplikasi edit foto Photoshop, Lightroom, Google Camera, dan lain sebagainya.

Bermain Dengan Kontras

Memasukkan elemen kontras ke dalam foto estetis Anda bisa menghadirkan sentuhan menarik pada foto Anda, lho. Foto dengan warna yang berlawanan menciptakan sebuah ketegangan visual yang akan membuat foto Anda berkesan.

Baca juga: Cara mengunci jaringan 4G samsung

Misalnya, Anda dapat mengambil foto dengan warna terang dan gelap, objek bersih dan kotor. Perhatikan emosi, gaya, dan objek yang kontras untuk menghidupkan foto Anda. Selain itu, warna yang membuat objek foto Anda menonjol dari yang lain juga menciptakan kontras visual yang memanjakan mata.

Perhatikan Detail Foto

Detail foto sangat mempengaruhi hasil estetika foto, mulai dari cara berpakaian, objek, bahkan lokasi foto. Detail sangat penting, terutama jika Anda menginginkan foto orang yang estetis. Jika Anda ingin membuat potret yang estetis, maka Anda harus memperhatikan perilaku, gaya, lingkungan, dan detail kecil lainnya.

Sehingga Anda dapat menyampaikan pesan yang sesuai dengan estetika foto Anda. Anda juga harus memikirkan perasaan seperti apa yang ingin Anda tuai dalam foto estetis agar terlihat lebih menarik dan memiliki makna.

Perhatikan Komposisi Warna

Sebelum Anda mengambil foto yang estetis, sebaiknya pikirkan dulu warna apa yang ingin Anda soroti. Warna cerah memberi kita energi, sedangkan warna netral memberi kesan minimalis. Komposisi warna sangat penting karena dengan warna yang tepat, foto sebuah bangunan pun dapat terlihat estetis. Cari warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin Anda gambarkan dalam foto estetis Anda. Anda dapat memilih warna hangat, dingin atau netral.

Demikian ulasan Ganteng.co.id tentang Cara Membuat Foto Aesthetic Yang Mudah Untuk Pemula semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.