Tekno

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel (Update 2022)

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel (Update 2022)

Tanpa menggunakan metode statistik yang rumit, sepertinya mudah untuk diterka jika Telkomsel merupakan operator seluler yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Faktanya, dari berbagai sumber bisa disimpulkan bahwa Telkomsel menguasai sekitar 46% dari total seluruh pengguna seluler di Indonesia.

Masih ditambah pula, Telkomsel adalah pemilik jaringan seluler terluas di Indonesia, hingga ke pelosok daerah. Tak heran karena Telkomsel telah berdiri sejak 23 tahun yang lalu.

Layanan yang diberikan oleh Telkomsel juga makin meluas, terus mengikuti perkembangan teknologi. Mulai dari hanya layanan komunikasi suara hingga kini melayani paket internet.

Layanan paket internet yang dimiliki oleh Telkomsel, khususnya bagi pelanggan prabayar, menerapkan sistem kuota. Jika kuota telah terpakai seluruhnya, maka akses internet berikutnya akan dikenakan biaya per kilo byte dan itu sudah pasti lebih mahal.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk sering-sering memeriksa kuota paket internetnya agar jangan sampai pulsanya terpotong oleh akses internet. Namun, cara untuk memeriksa kuota internet ini belum tentu diketahui oleh semua pelanggan Telkomsel, padahal sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memerika sisa kuota paket internet.

Baca Juga:  Berikut Cara Mendaftar Xbox Game Pass

Cara Cek Kuota Telkomsel

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memeriksa sisa kuota paket internet Telkomsel.

1. Melalui SMS

Cara yang paling “kuno” namun paling efektif adalah dengan menggunakan SMS. Bagaimanapun, SMS merupakan media pengiriman teks yang paling dikenal oleh hampir semua pelanggan Telkomsel dan smartphone jenis apapun pasti mendukungnya.

Cara ini juga ampuh ketika sinyal 4G atau internet sedang tidak ada.

Cara memeriksa sisa kuota dengan SMS adalah sebagai berikut:

– Buka aplikasi SMS. Biasanya aplikasi tersebut dinamakan Messaging, Message, atau Pesan. Nama aplikasi SMS ini memang bisa saja berbeda, tergantung merek HP.

– Ketik UL[spasi]INFO dan dikirim ke 3636.

Setelah SMS dikirimkan, tunggulah beberapa saat dan kamu akan mendapatkan balasan dari Telkomsel. Balasan tersebut akan berisi paket apa saja yang kamu miliki, sisa kuota, dan sampai kapan masa berlakunya.

2. Menggunakan perintah USSD

Perintah USSD juga merupakan salah satu cara tertua dalam memeriksa kuota. Bahkan pemeriksaan terhadap nyaris semua layanan biasanya tersedia dalam bentuk perintah USSD ini.

Baca Juga:  Spesifikasi - Harga IPhone 14 Pro Dan IPhone 14 Pro Max

Perintah USSD merupakan perintah yang dituliskan dengan awalan tanda bintang, diikuti angka, dan diakhiri tanda pagar. Diantara tanda bintang dan tanda pagar bisa saja terdapat beberapa tanda bintang lain. Setelah diketikkan, tekan tombol Dial untuk menjalankan perintah tersebut.

Untuk Telkomsel, perintah USSD untuk memeriksa kuota adalah *363#.

Setelah tombol Dial ditekan, tunggulah beberapa saat hingga muncul informasi di layar smartphone. Jika pada informasi yang muncul ini terdapat beberapa opsi yang diawali angka-angka, masukkan angka yang mengandung kalimat “Cek Pulsa dan Kuota”.

Misalnya saja di layar muncul informasi sisa pulsa diikuti angka 1 atau Hot promo diikuti angka 2. Maka untuk cek kuota, ketikkan angka 2 dan tekan Send atau Kirim.

Setelah itu, layar akan menampilkan sisa kuota yang kamu miliki.

3. Melalui aplikasi myTelkomsel

Kamu bisa memeriksa layanan apa saja yang aktif di kartu seluler Telkomsel kamu melalui situs resmi Telkomsel di www.telkomsel.com.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 Ponsel 5G Termurah Yang Dinanti Di 2023

Untuk bisa mengakses layanan di situs resmi Telkomsel tersebut, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, atau minimal dengan memasukkan nomor Telkomsel kamu untuk mendapatkan kode verifikasi dan dengan kode tersebut kamu bisa masuk tanpa harus mendaftar menggunakan akun e-mail.

Di situs Telkomsel ini, terdapat informasi yang sangat lengkap dan menyeluruh tentang kartu Telkomsel yang kamu gunakan.

4. Menggunakan aplikasi My Telkomsel

Aplikasi My Telkomsel tersedia baik untuk platform Android maupun iOS dan dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Saat pertama kali menjalankan aplikasi, ada verifikasi yang dikirimkan melalui SMS yang digunakan untuk login ke aplikasi.

Di dalam aplikasi ini, terdapat informasi yang lengkap mengenai layanan apa saja yang aktif pada kartu Telkomsel kamu, termasuk tentu saja sisa kuota paket data.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengecek kuota internet Telkomsel. Cara mana yang kamu pilih?

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *