Lifestyle

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah! – Pernikahan adalah momen paling bahagia dalam hidup kita. Oleh karena itu, tentunya kita akan sangat senang jika dapat mengatur pernikahan sesuai dengan harapan kita dan menjadi kenangan yang indah.

Sayangnya, biaya pernikahan belum tentu murah. Meskipun biaya pernikahan yang paling umum bisa mencapai puluhan juta, belum lagi Anda adalah pengantin yang sangat diinginkan. Biasanya kita harus siap merogoh kocek banyak.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Bagi siapa pun yang berencana menikah, tentu banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Pernikahan tidak hanya dilakukan dengan cinta tetapi juga kesiapan mental, fisik atau kesehatan, salah satu aspek penting adalah kesiapan finansial dan juga biaya pernikahan.

Cara Sabar Untuk Menabung Biaya Nikah — Blog Bibit

Menghitung anggaran pernikahan adalah hal terpenting bagi pesta pernikahan kerajaan. Baik pernikahan sederhana atau mewah, semuanya membutuhkan anggaran, pernikahan yang detail dan akurat. Tujuannya agar budget pernikahan tidak keluar lebih dari yang diharapkan dan sesuai dengan impian calon pengantin.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Padahal, tidak ada perkiraan spesifik berapa anggaran pernikahan yang harus dikeluarkan. Namun, anggaran pernikahan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan selain aspek fisik dan mental calon pengantin.

Ini dia tabel contoh biaya pernikahan yang bisa menjadi referensi Anda dalam menyusun rencana pernikahan di masa pandemi ini. Keuntungannya bagi Anda dan pasangan adalah dapat memangkas beberapa biaya, seperti biaya makan, pembatasan tamu dan biaya undangan digital atau online. Sekarang apa langkah selanjutnya?

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Tips Agar Tabungan Untuk Beli Rumah Tidak Terganggu

Setelah Anda mengetahui semua perkiraan biaya, Anda memerlukan rencana untuk menabung. Nah, untuk mengetahui bahwa Anda perlu menabung hingga jutaan secara rutin, Anda perlu memiliki tujuan bagaimana uang pernikahan itu akan dibelanjakan.

Tujuan setiap orang berbeda, beberapa orang ingin tetap menikah selama 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun atau lebih. Perbedaan periode ini mempengaruhi jumlah tabungan yang harus disisihkan per bulan. Dalam hal ini, mari kita asumsikan bahwa Anda berencana untuk menikah 2 tahun dari sekarang.

Baca Juga:  9 Potret Miss World 2022 Karolina Bielawska Berkunjung Ke Botswana

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Sekarang misalkan Anda memiliki tujuan yaitu biaya pernikahan 80 juta dan Anda ingin mencapainya dalam 2 tahun. Pertanyaan selanjutnya, berapa banyak yang harus disisihkan setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut?

Tips Efektif Mempersiapkan Tabungan Nikah Bagi Pasangan • Wedding Market

Tentu saja, jika Anda ingin mencapai tujuan tertentu, Anda tidak boleh menabung sembarangan. Sebaiknya Anda menabung pada instrumen investasi yang cukup stabil. Yang penting adalah karena waktu yang tersedia hanya 2 tahun, maka investasinya tidak bisa menjadi risiko yang besar. Bagaimana cara melakukannya?

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi reksa dana di aplikasi Bibit. Karena dengan investasi reksa dana Anda bisa menyebar ke 3 jenis reksa dana yang berbeda, reksa dana saham, obligasi dan pasar uang. Spread ini membuat investasi Anda lebih stabil.

Di sini Anda tidak perlu khawatir karena ada aplikasi Seed yang memudahkan Anda untuk berbagi reksa dana berdasarkan profil risiko Anda. Jadi tingkat risiko apa yang harus Anda pilih?

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Viral Kisah Istri Nabung Uang Gaji Diam Diam, Suami Kaget Saat Tahu Jumlahnya

Profil risiko adalah kerentanan Anda untuk melihat nilai investasi Anda menurun demi pengembalian yang lebih tinggi. Nah, seperti halnya target waktu menikah, umumnya ada 3 jenis profil risiko yang akan menentukan jenis reksa dana yang cocok untuk dipilih.

Jika Anda konservatif (cenderung aman), akan lebih tepat untuk memilih reksa dana pasar uang atau fixed income yang cenderung stabil. Berbeda dengan mereka yang cenderung agresif (siap mengambil risiko untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi), reksa dana atau saham campuran bisa menjadi pilihan.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Saat merencanakan pernikahan, kita tentu menghindari risiko pembatalan karena kekurangan finansial. Apalagi jika rencananya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Artinya, Anda tidak dapat menerima investasi yang memiliki fluktuasi harga yang sangat besar. Karena tidak banyak waktu untuk pulih jika terjadi penurunan yang signifikan. Oleh karena itu, dana pernikahan lebih cocok ditempatkan pada tingkat risiko yang konservatif.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta, Mudah!

Oke, sekarang Anda tahu biaya pernikahan yang Anda inginkan, target waktu, dan jenis investor berdasarkan profil risiko Anda. Langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah setoran bulanan yang perlu Anda persiapkan untuk berinvestasi di produk reksa dana.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Di Bibit, Anda bisa menabung reksa dana untuk membebankan biaya pernikahan Rp 80 juta dengan fitur segmentasi. Dengan fitur ini tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung di bank pada umumnya.

Dengan fitur ini, Anda bisa disiplin menghemat biaya pernikahan dengan berbagai kelebihan yang tidak Anda temukan di aplikasi reksa dana. Bagaimana memulainya? Yuk simak cara berikut ini!

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Tips Menabung Untuk Menikah Yang Harus Kamu Ketahui!

3. Masukkan nama “Perkawinan”, jumlah yang akan dibangkitkan adalah “Rp80.000.000” dan target tahun adalah 3 tahun, 2025.

Baca Juga:  5 Tips Agar Mampu Beradaptasi Pasca Menikah, Tidak Mudah!

Nah, untuk mengetahui perbandingan investasi reksa dana di Bibit berdasarkan profil risiko Anda dibandingkan dengan tabungan biasa di bank, Anda bisa menggunakan fitur simulasi investasi reksa dana di aplikasi Bibit.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa dengan investasi awal reksa dana di seed selama 3 tahun dengan penghematan Rp 2,2 juta per bulan, Anda dapat menghemat Rp 89,5 juta – Rp 94,2 juta, menabung di bank Anda dapat biasanya hanya mendapatkan Rp 81,3 juta.

Cara Menabung Untuk Menikah, Membeli Rumah & Memulai Bisnis

Mulai sekarang, kami akan mengatur kembali keuangan Anda setiap bulan dan menyisihkan Rp 2,2 juta setiap bulan untuk tabungan reksa dana di Bibit. Yang penting disiplin dan konsisten, agar bisa mencapai tujuan yang diimpikan pasangan, membiasakan menabung memang tidak mudah bagi sebagian orang, apalagi jika memiliki sifat keras kepala yang sulit diatasi. Tentu saja, menjalani gaya hidup yang lebih konsumtif tidak akan berdampak positif pada kondisi keuangan. Jadi kita perlu berhemat dalam upaya mengurangi aspek-aspek tersebut dan juga mengontrol aliran uang. Tidak mungkin untuk mulai belajar menabung secara konsisten untuk perbaikan keuangan di masa depan. Nah, bagi Anda yang ingin mulai mencoba berhemat, kami telah merangkum 22 cara praktis menabung di rumah untuk Anda coba sesuai dengan kemampuan pribadi Anda.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Jangan terburu-buru mencari cara cepat untuk menabung. Pertama, Anda harus menentukan tujuan menabung agar tetap termotivasi dan bersemangat. Menabung tanpa tujuan akan membuat Anda mudah tergoda untuk menabung.

Tujuan menabung bisa digunakan dengan cara apa saja, seperti untuk keperluan apa, membeli rumah untuk masa depan, atau meminta pasangan. Jadi, agar lebih semangat menabung, tuliskan tujuan menabung yang Anda miliki di samping tabungan atau celengan Anda sebagai cara menabung di rumah. Sehingga setiap kali Anda menyisihkan uang untuk ditabung, selalu ingat tujuan Anda dan semakin termotivasi.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 5 Juta Rupiah

Cara menghemat uang yang tepat bukanlah dengan menyimpan sisa uang dari pengeluaran mingguan atau bulanan, tetapi dengan menetapkan sejumlah uang tertentu dari penghasilan Anda. Jika Anda baru mulai terbiasa menabung, boleh saja memulai dengan nominal yang tidak terlalu besar, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda bisa mencapai jumlah tersebut.

Misalnya dengan menggunakan tips hemat harian, yaitu booking Rp 10.000 per hari. Jika Anda terus menyetor jumlah ini secara teratur selama 20 hari, Anda akan mendapatkan penghematan sebesar 200.000 rupee, -. Berkomitmen untuk rajin mengidentifikasi nama keluarga yang diberikan selama Anda dapat mengidentifikasi diri Anda sendiri. Jika Anda cukup biasa, Anda dapat menambahkan nama belakang sedikit demi sedikit.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Bingung menyiapkan rekening tabungan? Tanda-tanda Anda perlu menskalakan prioritas keuangan Anda, di sini. Skala prioritas adalah penyusunan kebutuhan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang sebenarnya. Dengan membuat tingkat prioritas, Anda tidak akan ketinggalan pembelian barang saat harus membayar cicilan atau tagihan.

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Diredam Saat Putus Asa, Kamu Masih Punya Harapan!

Challenge Menabung Yang Bikin Menyimpan Uang Makin Seru

Ukuran prioritas akan menyelamatkan Anda dari pengeluaran yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, serta membantu Anda keluar dari kehidupan konsumtif. Agar Anda melakukan cara menabung yang benar, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat ukuran prioritas, yaitu:

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Jangan batasi prioritas Anda, seimbangkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Jadi setelah memprioritaskan ukuran, yang perlu Anda lakukan adalah tetap berpegang pada anggaran. Tetap pada anggaran sangat sulit, tetapi ketika Anda ingin membeli barang sesuai anggaran, ingatlah bahwa Anda menabung untuk tujuan tertentu.

Cara menabung di rumah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan recehan. Mungkin sebagian orang menghargai koin atau uang receh, meskipun mengumpulkannya bisa menjadi cara praktis untuk menghemat uang di rumah. Seperti kata pepatah, ‘sedikit berjalan jauh’, menabung dengan mengumpulkan uang receh bisa menjadi uang tambahan yang bisa Anda gunakan pada saat dibutuhkan atau darurat.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Cara Menabung Untuk Pernikahan Impian, Jangan Pernah Coba Nomor Tiga!

Kumpulkan semua kembalian yang Anda bisa dan sediakan celengan besar agar koinnya muat. Anda juga bisa menggunakan celengan dalam wadah bening untuk melihat berapa banyak uang yang ada. Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara menabung yang ideal bagi siswa.

Beberapa waktu lalu, seorang aktivis bernama Ippho Santosa mempopulerkan cara menabung di rumah yang cukup unik dan efektif. Artinya, menabung setiap Rp. 20.000,- yang kamu temukan dan taruh di celengan. Kapan pun dan terlepas dari jumlah nama keluarga yang Anda temukan, Anda harus segera memasukkannya.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Misalkan Anda menerima tiga lembar uang kembalian Rp. 20.000,- maka semua uang tersebut harus segera ditabung. Cara ini cukup efektif, karena misalnya satu hari kamu hemat Rp 20.000 untuk 3 buah, jadi hanya dalam satu minggu kamu bisa mengumpulkan Rp 420.000,- lho. Kalau konsisten, dalam sebulan bisa hemat Rp 1,6 juta. Sangat bagus, bukan?

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bikin Tabungan Bareng Pacar

Cara lain yang unik namun efektif untuk menabung di rumah adalah dengan menabung pada tanggal terbalik. Tabungan dengan metode tanggal terbalik adalah jumlah tabungan yang besar di awal dan sedikit di akhir bulan.

9 Tips Menabung Bersama Pasangan, Bisa Buat Modal Nikah!

Misal dalam sebulan ada 30 hari, jadi di hari pertama harus menabung Rp 30.000,-, lalu di

Menabung buat nikah, cari pasangan siap nikah, tips bahagia bersama pasangan, pinjaman untuk modal nikah, pinjaman modal nikah, cara menabung bersama pasangan, modal nikah, cara menabung buat nikah, modal nikah sederhana, nikah modal 10 juta, bersama pasangan, tips menabung untuk nikah

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *