Fashions

13 Cara Merawat Sepatu Kanvas Agar Tetap Berkualitas

13 Cara Merawat Sepatu Kanvas Agar Tetap Berkualitas

Siapa yang tidak suka memakai sepatu kanvas? Sepatu kanvas sangat nyaman dipakai. Model sepatu kanvas juga lebih nyaman, memungkinkan Anda untuk memakainya lebih sering untuk aktivitas sehari-hari di dalam dan di luar ruangan. Sepatu bahan kanvas memungkinkan Anda untuk bergerak lebih fleksibel saat bepergian dan bahkan di perjalanan.

Bisakah sepatu kanvas dicuci?

Sepatu kanvas dapat dicuci dengan deterjen biasa. Jika sepatu berwarna putih, Anda bisa menambahkan pemutih klorin untuk mencerahkannya. Untuk kanvas berwarna, pilih pemutih oksigen. Jika Anda khawatir tentang kaki yang bau atau berjamur, tambahkan disinfektan ke air cucian Anda.

Bisakah sepatu kanvas dicuci di mesin cuci?

Sepatu kanvas sangat mudah dicuci. Sepatu dapat dicuci dengan tangan atau dijalankan di mesin cuci. Jangan memasukkan sepatu kanvas ke dalam pengering. Menjalankan sepatu kanvas melalui pengering biasanya mempengaruhi sol, yang dapat merusak dan melunak bahkan jika pengaturan pengering terendah digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara lengkap merawat sepatu kanvas.

Berikut cara merawat sepatu kanvas

Seperti sepatu yang terbuat dari bahan lain, sepatu kanvas juga harus dirawat agar tidak cepat aus. Cara Perawatan 13 Cara Menjaga Kualitas Sepatu Kanvas.

Baca Juga:  9 Tips Bersepeda Yang Aman Dan Menyenangkan (Camping Cycling)

1. Saat kotor jangan langsung dicuci

Jika sepatu kanvas Anda kotor karena lumpur, hujan, dll, jangan langsung dicuci. Mencuci sepatu saat masih kotor justru menyebarkan noda karena basah. Sebaiknya di jemur terlebih dahulu sampai kotoran mengering. Setelah kering, lap sepatu sampai kotorannya hilang dari sepatu kanvas. Jadi akan mudah bagi Anda untuk membersihkannya saat mencuci.

2. Cuci dengan deterjen atau deterjen pencuci piring.

Ada dua pilihan untuk membersihkan sepatu kanvas: deterjen atau deterjen pencuci piring. Jika sepatu sangat kotor, gunakan deterjen untuk membersihkannya lebih cepat. Jika sepatu tidak terlalu kotor, gunakan cairan pencuci piring karena dianggap ringan dan tidak akan merusak sepatu.

Sebelum dicuci, lepaskan dulu semua renda dari sepatu dan bersihkan dengan sikat menggunakan air biasa. Setelah noda hilang, bersihkan dengan sabun. Gunakan kuas dengan bulu yang lembut ya agar bahan kanvas tidak cepat aus. Setelah dicuci, cuci dengan air hangat hingga bersih.

3. Jangan menuangkan sabun langsung ke sepatu kanvas.

Agar sepatu kanvas Anda tetap kuat dan goyang, jangan langsung menyabuni permukaan sepatu, oke? Hindari juga sabun yang mengandung pemutih, karena dapat dengan cepat memudarkan warna asli sepatu Anda.

Mulailah dengan menuangkan deterjen atau cairan pencuci piring ke dalam ember. Setelah itu, Anda bisa merendam sepatu kanvas dalam ember deterjen. Gosok perlahan dengan gerakan memutar menggunakan sikat pembersih yang lembut.

4. Jangan Lupakan Bagian Dalamnya

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam sepatu Anda. Kotoran di dalam menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan bau busuk dari kaki. Sikat bagian dalam sepatu dengan lembut menggunakan sikat gigi. Atau Anda juga bisa menyeka bagian dalam dengan kain tebal. Lakukan ini dengan hati-hati dan perlahan agar tidak mengubah bentuk sepatu.

Baca Juga:  Panduan Beli Sepeda Lipat Agar Tidak Salah

5. Cuci dengan air hangat

Setelah Anda merendam, menyikat, dan membersihkan sepatu kanvas secara menyeluruh, Anda harus menghilangkan sisa sabun dari sepatu dengan air hangat. Selain tidak meninggalkan sisa sabun, sepatu kanvas juga bisa terlihat lebih mewah. Mencuci sepatu kanvas dengan air panas membuka pori-pori sepatu dan membunuh kuman yang ada di dalamnya.

6. Kering Secara Alami

Jangan menjemur atau menjemur sepatu kanvas di bawah sinar matahari langsung. Hanya udara kering itu. Anda bisa menjemur di atap rumah yang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari blow-dry karena akan membuat bahan kanvas menjadi kering, keras dan rapuh.

7. Hindari menjemur di bawah sinar matahari

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jangan menjemur sepatu kanvas yang baru dicuci di bawah sinar matahari. Hal ini tidak hanya membuat sepatu kanvas tahan lama, tetapi juga menyebabkan warna asli sepatu cepat pudar. Tidak ingin sepatu kanvas mahal Anda terlihat usang atau usang karena Anda tidak mengeringkan sepatu dengan benar? Jadi, keringkan secara alami ya.

8. Dukungan Di Dalam

Topang bagian dalam sepatu sebelum disimpan. Fungsinya untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap dalam kondisi baik. Kebanyakan sepatu kanvas akan aus atau bahannya akan pecah jika disimpan dalam waktu lama.

Untuk dukungan, Anda dapat menggunakan koran atau karton. Atau Anda juga bisa membeli rak sepatu khusus yang banyak dijual di pasaran. Salah satu elemen penting agar sepatu tahan lama.

9. Cuci Dengan Baking Soda

Selain menggunakan deterjen, Anda juga bisa menggunakan larutan soda kue sebagai pembersih sepatu kanvas. Jika deterjen sering digunakan untuk membersihkan di luar ruangan, kini sepatu kanvas bisa dicuci dengan larutan soda kue.

Bagian dalam sepatu terkadang tidak diperhatikan, tetapi justru area yang menyebabkan jamur atau bau pada sepatu. Omong-omong, baking soda akan lebih efektif menghilangkan kotoran dan bau kaki dari dalam sepatu Anda. Jangan lupa bilas dengan air dingin saat membilas baking soda, ya.

Baca Juga:  Review: Baju Muslim Batik Cape, Terlihat Elegan Dan Cocok Untuk Suami

10. JANGAN GUNAKAN MESIN CUCI

Karena ingin segera membersihkan sepatu, Anda memutuskan untuk mencuci sepatu kanvas yang kotor di mesin cuci. Itu yang perlu Anda hindari. Sepatu kanvas itu rapuh dan mudah rusak, sehingga mencucinya di mesin cuci sangat berisiko. Jika Anda ingin menghilangkan kotoran yang membandel dari sepatu Anda, Anda bisa mengandalkan laundry sepatu atau toko semir sepatu yang memiliki peralatan lebih profesional.

11. Simpan di tempat tertutup

Simpan sepatu di tempat tertutup saat tidak digunakan untuk menghindari paparan debu. Menyimpan sepatu di lantai untuk waktu yang lama dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Tas kain, kotak plastik atau asbes, atau kotak sepatu dapat digunakan untuk penyimpanan.

Jangan menyimpan sepatu saat masih basah, karena dapat menyebabkan jamur. Simpan sepatu di ruangan dengan suhu normal, tidak terlalu lembab atau terlalu panas, agar sepatu tetap awet.

12. Berikan Penyegar Sepatu

Jangan lupa untuk mengoleskan pewangi khusus sepatu pada kotak penyimpanan sepatu agar sepatu tidak berbau meski sudah lama tidak ditinggalkan di dalam. Jangan gunakan naftalena sebagai pewangi karena kapur barus mengandung bahan kimia yang dapat merusak kain sepatu Anda.

13. Gunakan silika gel untuk menghindari jamur pada sepatu.

Silica gel harus digunakan sebagai pengganti kapur barus, yang disimpan di kotak sepatu bersama dengan sepatu kanvas. Pastikan sepatu dalam keadaan kering agar kotak sepatu bersih dan bebas bau. Silica gel berfungsi untuk mengurangi resiko jamur dan bau sehingga bahan kanvas tetap kuat.

Siap berlatih merawat sepatu kanvas favoritmu?

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *