Lifestyle

10 Cara Mencerahkan Bibir Hitam Akibat Rokok

10 Cara Mencerahkan Bibir Hitam Akibat Rokok

Salah satu masalah yang sering dihadapi perokok adalah bibir gelap. Warna alami bibir sehat juga memudar. Bibir hitam akibat rokok seringkali membuat orang kurang percaya diri. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara untuk mencerahkan bibir yang gelap dengan cepat. Bagi Anda yang ingin mencerahkan bibir hitam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Mengapa perokok memiliki bibir hitam?

Semakin banyak melanin yang Anda miliki, semakin gelap kulit Anda. Jadi ketika sel-sel kulit di sekitar bibir merasakan panasnya rokok, bibir bereaksi dan melepaskan melanin. Bahkan jika itu hanya cara kulit melindungi tubuh dari panas, kelebihan melanin pada akhirnya dapat menyebabkan area tersebut menjadi gelap.

Warna bibir perokok berat?

Pertama-tama, setelah berhenti merokok, kulit menjadi halus kembali. Namun, paparan rokok yang dikombinasikan dengan gerakan berulang ditambah waktu saat merokok dapat menyebabkan garis-garis ini menjadi permanen.

Baca Juga:  9 Ide Outfit Ala Penonton Synchronize Fest 2022, Super Kece!

Bisakah bibir perokok menjadi merah lagi?

American Academy of Oral Medicine mengatakan tidak ada obat untuk perubahan warna mulut, tetapi jika Anda berhenti merokok, jaringan kulit kemungkinan akan kembali ke warna normalnya dalam waktu 36 bulan.

Inilah cara mudah mencerahkan bibir hitam yang bisa dilakukan perokok.

Beberapa cara mencerahkan bibir yang gelap bisa dilakukan dengan sederhana dan mudah, mulai dari penggunaan lip balm, buah-buahan dan bahan-bahan yang ada di dapur. Lakukan saja cara-cara tersebut secara rutin, hasilnya akan terlihat dengan cepat. Penasaran bagaimana cara mencerahkan bibir yang gelap? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!

1. Oleskan jeruk nipis, madu dan gliserin sebagai masker bibir.

Cara pertama untuk mencerahkan bibir hitam akibat rokok adalah dengan menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan madu dan gliserin. Gliserin sendiri merupakan senyawa alami yang berguna sebagai bahan pelembab pada produk perawatan kulit. Campurkan satu sendok teh madu, air jeruk nipis dan gliserin, lalu oleskan pada bibir. Gunakan masker bibir ini setiap malam dan bersihkan di pagi hari.

2. Minyak kelapa dan gula bekerja dengan baik untuk pengelupasan bibir gelap.

Ada banyak manfaat minyak kelapa, salah satunya adalah mencerahkan bibir yang gelap. Untuk mendapatkan manfaat dari ini, Anda dapat mencampur minyak kelapa dan gula masing-masing satu sendok teh. Gunakan kedua bahan ini sebagai scrub bibir. Kedua bahan ini tidak hanya mencerahkan bibir, tetapi juga melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.

3. Oleskan lidah buaya ke bibir hitam.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan memang tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencerahkan bibir yang gelap adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Senyawa lidah buaya diketahui memperlambat produksi melanin, yang membuat bibir terlihat lebih cerah. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke bibir Anda setiap hari. Biarkan kering dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga:  Model Pangkas Rambut Pria Gemuk

4. Lulur bibir dengan bahan alami: gula, minyak zaitun dan lemon.

Bahan alami yang bisa Anda temukan di dapur yang juga bisa mencerahkan bibir gelap adalah gula. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampur satu sendok teh gula dengan beberapa tetes jus lemon dan minyak zaitun.

Selain mencerahkan bibir hitam akibat rokok, ramuan ini juga bisa mengangkat sel kulit mati di bibir. Pijat lembut bibir Anda lalu bilas dengan air. Gunakan ketiga bahan ini untuk scrub bibir alami dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Mencerahkan bibir hitam dengan masker madu dan minyak almond.

Apakah Anda ingin bibir merah cerah dan alami? Gunakan masker bibir dengan madu dan minyak almond. Kandungan kedua bahan alami ini juga bisa melembapkan bibir. Campurkan minyak almond dan madu secukupnya, lalu oleskan pada bibir dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda dapat menggunakan masker bibir alami ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

6. Campuran kunyit dan susu sebagai alternatif pemutih bibir hitam

Tahukah Anda bahwa kunyit memiliki sifat mencerahkan? Kunyit juga sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Seperti halnya lidah buaya, senyawa kunyit juga mampu memperlambat produksi melanin. Anda dapat mencampur bubuk kunyit dengan susu untuk membentuk pasta. Gosok perlahan pada scrub bibir alami ini dan biarkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih.

7. Selalu gunakan lip balm dengan SPF untuk melindungi bibir Anda.

Setelah menggunakan bahan-bahan di atas untuk mencerahkan bibir yang gelap, Anda juga perlu melindungi bibir Anda dari paparan sinar matahari. Untuk menjaga bibir tetap glowing, gunakan lip balm dengan SPF setiap keluar rumah. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan penggelapan kulit dan bibir. Tentu Anda tidak ingin bibir Anda menghitam lagi bukan?

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Diredam Saat Putus Asa, Kamu Masih Punya Harapan!

8. Gunakan masker bibir secara teratur

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa masker bibir yang mengandung kunyit, lemon, atau air jeruk nipis dapat membantu mencerahkan bibir. Coba gabungkan satu atau lebih bahan ini dengan vitamin A atau minyak vitamin E dan oleskan ke bibir selama 15 menit sekali sehari.

9. Perawatan Bibir Laser

Dilakukan secara profesional oleh dokter kulit atau ahli bedah plastik, perawatan laser bekerja dengan memfokuskan pulsa cahaya terkonsentrasi jauh ke dalam lapisan kulit. Prosedur ini dapat digunakan untuk mengembalikan warna alami bibir, menghilangkan flek hitam, menghilangkan kelebihan melanin, merangsang produksi kolagen dan menghilangkan kerutan vertikal di sekitar mulut.

10. Gunakan sikat gigi untuk mengelupas bibir Anda.

Sikat gigi tidak hanya baik untuk gigi, tetapi juga untuk bibir karena dapat digunakan sebagai scrub bibir. Dan percayalah, itu mudah! Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan petroleum jelly ke bibir Anda dan kemudian menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk mengelupas bibir Anda. Sapukan kuas dengan lembut ke bibir Anda dengan gerakan melingkar selama lima menit. Sekarang cuci bibir Anda dengan air bersih dan oleskan petroleum jelly lagi.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mencerahkan bibir hitam dengan merokok dan menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Anda juga harus banyak minum air putih dan berhenti merokok, karena rokok tidak hanya menghitamkan bibir Anda, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan Anda.

Shares
Uhost Web Hosting Murah Premium
Hosting Mulai
9rb
/Bulan
  • Unlimited Bandwidth 2Gbps IIX Link
  • Unlimited Hosting
  • 100% SSD Disk Space
  • .MY.ID 9rb/Tahun
Ambil Promo
Dapatkan Hosting & Domain Mulai dari 9rban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *