Kesehatan

10 Cara Ampuh Menahan Hasrat Merokok

10 Cara Ampuh Menahan Hasrat Merokok

Bagi kebanyakan orang yang menggunakan tembakau, keinginan atau dorongan untuk merokok bisa sangat kuat. Tetapi Anda bisa menahan dorongan ini.

Jika Anda merasakan dorongan untuk menggunakan tembakau, ingatlah bahwa meskipun dorongan ini mungkin kuat, mungkin akan hilang dalam waktu 5-10 menit, apakah Anda merokok atau mengunyah tembakau. Setiap kali Anda menahan keinginan untuk merokok, Anda selangkah lebih dekat untuk berhenti merokok untuk selamanya.

Di bawah ini adalah 10 Cara Ampuh Menahan Hasrat Merokok.

1. Mencoba Terapi Penggantian Nikotin

Tanyakan kepada dokter Anda tentang terapi penggantian nikotin. Opsi termasuk:

  • Nikotin dalam resep semprotan hidung atau inhaler.
  • Nicotine patches, permen karet dan tablet hisap yang tersedia tanpa resep dokter.
  • Resep obat penghentian nikotin seperti bupropion (Wellbutrin SR, Wellbutrin XL, lainnya) dan varenicline.

Terapi pengganti nikotin kerja pendek – permen karet nikotin, tablet hisap, semprotan hidung atau inhaler – dapat membantu Anda mengatasi keinginan kuat untuk merokok. Obat-obatan kerja pendek ini biasanya dapat digunakan secara aman dengan patch nikotin kerja panjang atau salah satu obat penghentian merokok bebas nikotin.

Baca Juga:  Tidak Hanya Batuk! 5 Tanda Paru-Paru Ini Tidak Sehat

Rokok elektronik (rokok elektrik) akhir-akhir ini telah menarik banyak minat sebagai pengganti rokok konvensional. Namun, rokok elektrik belum terbukti lebih aman atau lebih efektif daripada obat pengganti nikotin dalam penghentian merokok.

2. Hindari Pemicu

Dorongan untuk merokok mungkin paling kuat di tempat Anda paling sering merokok atau mengunyah tembakau, seperti di pesta atau bar, atau ketika Anda stres atau minum kopi. Cari tahu pemicu Anda dan kembangkan rencana untuk menghindarinya atau bertahan hidup tanpa menggunakan tembakau.

Pastikan Anda tidak mulai merokok lagi. Misalnya, jika Anda merokok saat berbicara di telepon, sediakan pulpen dan kertas di dekat Anda untuk mencoret-coret alih-alih merokok.

3. Menunda-nunda

Jika Anda merasa bahwa Anda akan menyerah pada keinginan untuk merokok, katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda perlu menunggu 10 menit lagi terlebih dahulu. Kemudian lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda selama waktu itu. Cobalah pergi ke tempat umum yang bebas asap rokok. Teknik-teknik sederhana ini bisa cukup untuk mengatasi hasrat merokok.

Baca Juga:  7 Cara Efektif Diet Tanpa Olahraga

4. Mengunyah

Untuk menangkal hasrat merokok, berikan mulut Anda sesuatu untuk dilakukan. Kunyah permen karet bebas gula atau permen keras. Kunyah wortel mentah, kacang-kacangan atau biji-bijian – sesuatu yang renyah dan lezat.

5. Jangan Makan “Hanya Satu”.

Anda mungkin tergoda untuk menghisap sebatang rokok untuk memuaskan hasrat tembakau Anda. Tetapi jangan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa Anda bisa berhenti di sini. Dalam kebanyakan kasus, satu batang rokok akan membuat Anda mulai merokok lagi. Dan Anda mungkin menjadi kecanduan tembakau lagi.

6. Bergerak

Aktivitas fisik dapat membantu menangkis keinginan merokok. Bahkan aktivitas singkat, seperti berjalan naik turun tangga beberapa kali, dapat mengekang keinginan mengidam. Berjalan-jalan atau jogging.

Jika Anda berada di rumah atau di kantor, cobalah jongkok, push-up, berlari di tempat, atau menaiki tangga. Jika Anda tidak suka aktivitas fisik, cobalah berdoa, menjahit, membuat kerajinan kayu atau membuat jurnal. Atau lakukan tugas-tugas untuk mengalihkan perhatian Anda, seperti membersihkan atau mengisi kertas.

7. Mencoba Teknik Relaksasi

Mungkin merokok adalah cara Anda mengatasi stres. Berurusan dengan mengidam tembakau bisa membuat stres. Untuk meredakan stres, cobalah teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, relaksasi otot, yoga, visualisasi, pijat atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Baca Juga:  Tidak Hanya Batuk! 5 Tanda Paru-Paru Ini Tidak Sehat

8. Meminta Penguatan

Beralihlah ke anggota keluarga, teman, atau anggota kelompok pendukung untuk bantuan dalam mengelola hasrat tembakau. Menelepon, berjalan-jalan, tertawa bersama atau berkumpul bersama untuk berbicara dan saling mendukung. Konseling juga bisa membantu. Hotline Anti-Tembakau – 800-QUIT-NOW (800-784-8669) – menawarkan dukungan dan saran.

9. Mencari Dukungan Online

Bergabunglah dengan program berhenti merokok online. Atau baca blog berhenti merokok dan tuliskan pemikiran yang membesarkan hati bagi mereka yang masih memiliki keinginan untuk merokok. Cari tahu bagaimana orang lain mengatasi hasrat tembakau.

10. Ingatkan Diri Anda Tentang Manfaatnya

Tuliskan atau ucapkan dengan lantang mengapa Anda ingin berhenti merokok dan menahan keinginan merokok. Alasan-alasan ini bisa sebagai berikut:

  • Untuk merasa lebih baik tentang diri Anda
  • Untuk meningkatkan kesehatan Anda
  • Untuk melindungi orang yang Anda cintai dari perokok pasif
  • Untuk menghemat uang

Ingatlah bahwa mencoba melawan keinginan merokok selalu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa. Dan setiap kali Anda menahan keinginan untuk merokok, Anda selangkah lebih dekat untuk berhenti merokok.

Shares
Uhost Web Hosting Murah Premium
Hosting Mulai
9rb
/Bulan
  • Unlimited Bandwidth 2Gbps IIX Link
  • Unlimited Hosting
  • 100% SSD Disk Space
  • .MY.ID 9rb/Tahun
Ambil Promo
Dapatkan Hosting & Domain Mulai dari 9rban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *